Mahasiswi UBB Ini Terkesan dengan DAHANA

Kampus DAHANA yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, selalu menyimpan cerita atau kesan bagi pengunjung yang kali pertama mendatanginya. Tidak sedikit yang terkaget dan terkagum dengan kawasan terintegrasi milik perusaan plat merah PT DAHANA (Persero).

Satu dari antara pengunjung yang dibuat kagum dengan DAHANA ini adalah Bella Narohma Yani, mahasiswi Teknik Pertambangan Universitas Bangka Belitung. Gadis yang biasa disapa Bella ini bertandang ke Kampus DAHANA bersama rekan mahasiswa lainnya saat melakukan Kuliah Kerja Lapangan pada Rabu, 18 Juli 2018.

Bella mengaku sangat mengagumi DAHANA, perasaannya timbul saat dirinya menginjakan kakinya ke tanah DAHANA di Subang. Bayangannya tentang kawasan yang dinamai Energetic Material Center (EMC) ini ternyata lebih baik dari yang ia bayangkan.

Pertama kalinya ia mendengar nama DAHANA saat kakak kelasnya melakukan KKL ke pulau Jawa, yang mengagendakan kunjungan ke DAHANA pada tahun 2017 lalu. “Kakak tingkat yang pertama kali mengenalkan nama DAHANA kepada saya, DAHANA merupakan perusahaan penghasil bahan peledak tambang,” terang Bella bercerita.

Sebagai mahasiswa teknik pertambangan, gadis berdarah Jawa ini mengaku sangat perlu mengenal lebih dekat dengan DAHANA. Sebelum ia sampai di tanah Subang, pernah terbesit membayangkan kondisi pabrik bahan peledak. “Saya membayangkan pabrik DAHANA, seperti umumnya pabrik yang memiliki gedung yang luas dan besar, karyawannya banyak,” ungkapnya.

“Tapi ternyata sangat berbeda sekali, tidak menyangka. Dengan lokasinya terbilang jauh dari keramaian, pabrik ini mampu menghasilkan bahan peledak tambang dan militer” imbuh Bella.

Mendapat kesempatan mendengarkan pemaparan tentang bahan peledak serta memasuki area terbatas ring 1, perempuan berhijab hobi menulis ini semakin penasaran dan tertarik untuk mempelajari, mengenal lebih jauh tentang DAHANA.

“Kunjungan kami sangat singkat waktunya, masih banyak hal yang ingin digali dan dipelajari dari DAHANA. Saya jadi sangat tertarik mempelajari DAHANA,” ujarnya.

Agenda KKL UBB ke DAHANA kali ini merupakan tahun kedua. Ada sekitar 51 mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan ini. Selain ke DAHANA, acara KKL mengagendakan kunjungan ke bebepa tempat lainnya yang masih berkaitan dengan seputar dunia pertambangan.

Demi ilmu pengetahuan, mereka rela terbang jauh ke pulau Jawa, mengenal langsung dilapangan, bagaimana aplikasi pengetahuan di kelas dan dilapangan. (SYA)


Kategori Berita