Meningkatkan Human Capital Perusahaan, DAHANA Kirim Tim Humas ke IHCS 2017

Pagi hari, di Ballroom The Pasific Palace Ritz Carlton, SCBD, Jakarta. ribuan orang dari pegiat Human Capital, akademisi, profesional, dan masyarakat lainnya berkumpul untuk mengikuti pembukaan acara Indonesia Human Capital Summit 2017. Acara dimulai dengan penampilan dari Batavia Dancer. 9 November 2017.

Untuk kedua kalinya Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengadakan forum pertemuan berbagai talent yang ada di lingkungan BUMN dan juga talent-talent Indonesia lainnya yang telah sukses membawa nama bangsa Indonesia harum di hadapan dunia. Forum sharing ini diharapkan mampu menyebarkan kemampuan talent Indonesia ke seluruh bidang utamanya di lingkungan BUMN yang memiliki tagline "Hadir untuk Negeri."

Perjuangan Bangsa Indonesia kini tidak lagi berada dalam perang fisik dan pertempuran senjata, namun persaingan global yang menuntut talent-talent berkualitas untuk memberikan sumbangsih sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia.

"Pahlawan kekinian adalah anak bangsa yang memberi maksimal kepada bangsanya. Ini kenapa diambil tema tentang kepahlawanan. Indonesian talent sesungguhnya hebat tapi butuh development. Talent tidak hadir begitu saja, namun harus dipikirkan semuanya, pengembangannya, tempatnya, dan komitmen untuk mengembangkan talent-talent tersebut," ucap Herdy Harman dalam sambutannya.

FHCI berusaha berkomitmen bahwa pengembangan talent tidak hanya disumbangsihkan bagi human capital di lingkungan BUMN  tetapi juga untuk human capital Indonesia secara lebih luas. Sesuai dengan tema IHCS kali ini "Fostering Indonesian Heroes: The Future Competitive Great Talent."

"Kita ingin menghibahkan banyak waktu untuk pengembangan talent-talent Indonesia, because Indonesia is Great Nation and Great People," tambah  Ketua Umum FHCI.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kementerian BUMN oleh Deputi Menteri Bidang Infrastruktur Bisnis Hambra yang mewakili Menteri BUMN RI Rini Soemarno yang berhalangan hadir.

"BUMN Agent of Development, BUMN sebagai peningkatan values. Kedua hal ini harus berjalan beriringan, BUMN harus memberi dukungan penuh pada program pemerintah, Forum Human Capital ditantang untuk tidak hanya untuk Human Capital BUMN tetapi juga Human Capital Indonesia," ujar Hambra

Kemudian Hambra juga menyampaikan. Satu hal tantangan besar Human Capital Indonesia dalam pengembangan talent, setelah assesment yang dilakukan oleh kementerian BUMN di lingkungan calon direksi (eselon 1) BUMN, dengan tiga kategori; 1. Kategori disarankan (ready stock), 2. Disarankan dengan pengembangan (ready stock with development), dan 3. Tidak disarankan. Terdapat data yang  disarankan baru 51%, artinya masih ada gap 49%. Target Kementerian BUMN ready stock di tahun yang akan datang bisa sampai 80%, ini baru tentang assesment talk talent, dan ini terjadi di sedikit BUMN saja. Dan kedepan akan membuat integrated talent management system agar semua human capital tersebar luas di seluruh BUMN.

Acara pembukaan ini disimbolkan dengan pemencetan tombol bersama-sama oleh pihak FHCI, Kementerian BUMN, dan tentunya panitia acara. Kemudian dilanjutkan dengan coffee break serta doorstop pejabat FHCI dengan wartawan.

Jajaran direksi PT DAHANA (Persero) hadir dalam acara ini.  Nampak Direktur Utama Budi Antono didampingi Direktur Keuangan & SDM Asmorohadi serta SM Pengembangan SDM Bayu Anggoro.  Selain itu, DAHANA juga membuka booth dalam IHCS 2017 ini yang digawangi oleh Bagian Humas, Della Devia dan Edwin Suryadika.  Kehadiran dalam event ini dengan harapan mampu menyebarkan pengetahuannya pada perusahaan dan mampu meningkatkan kualitas human capital DAHANA. Sehingga baik perusahaan pun manusia di dalamnya dapat terus melejit di persaingan global. (yz)


Kategori Berita