Puluhan Siswa Kopassus Pelajari Bahan Peledak DAHANA

Kampus PT DAHANA (Persero), Subang pada 8 Nopember 2017 kembali menjadi tempat praktek kerja lapangan puluhan siswa Kopassus TNI AD. Siswa yang berjumlah 40 orang ini merupakan anggota TNI yang baru beberapa bulan dinyatakan sah memakai baret merah.

Kedatangannya ke kawasan Energetic Material Center (EMC) adalah untuk mempelajari bahan peledak komersil yang digunakan oleh PT DAHANA (Persero).

Suadi, Komandan Khusus Zeni Demolisi, yang ikut serta dalam kunjungan ini menerangkan bahwa siswa didiknya yang dibawa ke DAHANA adalah siswa yang tengah menempuh pendidikan spesialisasi Demolisi Kopassus.

"Siswa ini tengah menempuh pendidikan, kami bawa ke DAHANA, untuk mempelajari langsung handak komersil," terang Suadi.

Pada kesempatan kali ini siswa bisa menyaksikan langsung proses uji mutu peledakan bahan peledak di area bunker DAHANA. Siswa mendapat pelajaran merangkai handak dan menguji inisiasi bahan peledak.

Salah seorang siswa, Reza Kusuma kepada Dfile menuturkan, kali ini praktek kerja lapangan yang dilakukannya di DAHANA, dinilai cukup memuaskan, karena bisa menyaksikan langsung proses peledakan di ring 1.

"Apa yang kami harapkan saat datang ke DAHANA, sangat terpenuhi, bisa memasuki ring 1 dan ikut praktek uji mutu handak," ujar Reza.

Dalam beberapa kesempatan Pusdiklat Kopassus senantiasa mengajak siswa didiknya ke PT DAHANA (Persero) untuk mengenal dan penggunaan bahan peledak DAHANA.  (Sya)


Kategori Berita