Reny, Karyawan DAHANA Pecinta Buku

Berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Namun ternyata salah satu karyawan perempuan DAHANA Reny Kurniawati merupakan satu dari sedikit masyarakat Indonesia yang gemar membaca.


Perempuan lulusan Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta ini telah mengabdi pada Negara melalui perusahaan plat merah yang bergerak di bidang industri bahan peledak sejak 2017, kini Reny menempati posisi sebagai assisten supervisor dan sekaligus safety officer DAHANA di site IMK.
Setiap kondisi kerja memiliki problematika dan tantangan yang dihadapi, Reny bercerita kepada Dfile tentang kegiatannya selama di site, salah satunya tentang tugasnya sebagai safety officer yang harus memberikan safety briefing membahas isu safety di hari sebelumnya dan memberi pengarahan untuk operasional di hari tersebut.


Selain itu, Reny menambahkan bahwa kegiatan di site cukup banyak, karena DAHANA menangani jasa Drilling, Blasting, serta Permitting. Namun karena masing-masing personalia telah memahami tugasnya, maka kegiatan-kegiatan operasional berjalan mulus. Kalaupun terjadi kendala yang tak diinginkan, DAHANA sudah memiliki tim untuk menanganinya.


“Apabila ada yang perlu arahan atau bimbingan akan langsung diarahkan oleh karyawan PLP atau foreman tim baik itu blasting, drilling, maupun OSP.” ujar perempuan yang memiliki hobi kegiatan outdoor ini.
Namun jika masalah terjadi pada dirinya, Reny berusaha untuk menyelesaikannya sendiri, kecuali jika masalah yang diterimanya sangat sukar untuk dihadapi sendiri, Reny meminta nasihat dan berkonsultasi dengan Pak Nanda yang merupakan atasannya di site IMK.


Selain itu, bekerja di site dengan kegiatan yang padat tidak menyurutkan Reny untuk tetap membaca, di sela-sela waktu luang seperti saat rehat dan hendak tidur Reny gunakan untuk membaca. Untuk memenuhi kegemaran membacanya, Reny membawa bekal lima hingga tujuh buku yang dibelinya saat cuti.


Selain membeli buku, Reny menghabiskan waktu cuti dengan berjalan-jalan ke alam bebas seperti jalan-jalan ke gunung atau ke pantai, Reny sendiri merupakan anggota mapala sejak di kampus dan aktif hingga saat ini. Meskipun untuk Reny dia akan sangat senang jika jalan-jalan tersebut dilakukan Bersama keluarga seperti piknik keluarga ke pantai.


Mengakhiri pembicaraan Reny berbagai kepada pembaca Dfile terutama dari kalangan muda tentang apa yang dia dapat selama bekerja di DAHANA.


“Beberapa hal yang saya dapat dan pelajari selama bekerja di Dahana adalah bekerjalah dengan ikhlas, ‘nothing to loose’, nikmatilah pekerjaanmu ‘saat ini’, dan teruslah belajar. Selama masih muda dan ada waktu, pergilah ketempat yang baru, bacalah sebanyak-banyaknya buku, dan nikmatilah musiknya.” tutupnya mengakhiri percakapan


Kategori Berita