Upgrade Skill dan Pengetahuan, Satpam DAHANA Dilatih oleh TNI - Polri

Keberadaan tim satuan keamanan (Satpam) di sebuah perusahaan sangatlah berarti. Ia adalah investasi perusahaan yang berfungsi untuk menjaga keamanan lingkungan perusahaan. Karenanya personil keamanan dituntut mampu terampil dan ahli dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Sebagai mitra Kepolisian, Satpam pun perlu mendapat pembinaan dan latihan yang berkelanjutan, dalam rangka meningkatkan keahlian dan juga pengetahuannya. Menyadari hal tersebut, tim keamanan perusahaan BUMN penghasil bahan peledak PT DAHANA (Persero) rutin menggelar pelatihan.

“Setiap bulannya kita selalu mengadakan latihan. Latihan bulanan ini sudah rutin digelar sejak tahun kemarin (2017),” terang Didin Wahyudin, Kepala Urusan Dalam Keamanan Dahana.

Sebagai penjaga keamanan objek vital nasional, satuan keamanan harus dibekali dengan kemampuan penyelidikan, kemampuan pengamanan dan kemampuan penggalangan dalam mengatasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan keamanan di lingkungan DAHANA

Latihan bulanan ini, terang Didin dibimbing langsung oleh pihak TNI dan Polri. Masing-masing pihak sudah memiliki jadwalnya. “Yang melatih mulai dari tingkat Polsek, Koramil, Polres dan Kodim serta dari Paskhas TNI AU,” ungkapnya.

Setiap latihan, pemateri yang didatangkan selalu berbeda, begitupun dengan materinya, tidak hanya latihan fisik namun latihan inipun melingkupi pengetahuan teori.

Dengan adanya latihan rutin ini, terang Didin, juga mampu mempererat hubungan silaturahmi antar instansi keamanan terkait di wilayah Subang. “Kita menjadi lebih dekat, karena sekarang lebih sering koordinasi dan komunikasi,” terangnya.

“Latihan rutin ini selain adanya pembentukan fisik, juga mampu membangun kebersamaan dan kekompakan antar personil di satuan pengamanan,” imbuh Didin.

Selama tahun 2017, program latihan mampu berjalan dengan lancar, kini 2018 program ini akan terus dijalankan. “Tahun ini, baru satu kali, di bulan Januari. Kita bakal rutin latihan setiap bulannya di pekan ke tiga,” pungkasnya. (SYA)


Kategori Berita