Rapat di Bandung, Menteri ESDM Bahas Dana Ketahanan Energi

Bandung -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Forum Pemimpin Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Nasional. Forum ini membahas rencana percepatan pengenbangan EBTKE, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, salah satu poin penting yang dibahas dalam forum tersebut yakni penggodokan pembentukan Dana Ketahanan Energi (DKE).

"Meeting selama 2 hari ini merupakan forum pemimpin energi terbarukan, termasuk dari listrik, migas, dan mineral batubara. Salah satu isu utamanya pembahasan masa depan DKE," katanya usai pertemuan di Hotel Padma, Bandung, Sabtu (5/3/2016).

DKE yang sempat dipermasalahkan yang kemudian ditunda ini, ujar Sudirman, akan dilanjutkan kembali rencana pemberlakuannya. Selain finalisasi DKE, forum tersebut juga membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pemanfaatan Tidak Langsung Panas Bumi, RPP Pemanfaatan Langsung Panas Bumi, Pendampingan Energi Kerakyatan (PETA).

Kemudian, penyusunan regulasi energi terbarukan untuk desa, penetapan Bali sebagai percontohan energi bersih, dan kampanye masif konservasi energi.

"Sejumlah tantangan antara lain belum tercapainya komitmen nasional EBTKE, dana investasi dalam jumlah besar, tingginya harga tekhnologi EBT, dan maraknya penolakan masyarakat," jelas Sudirman.

Selain Sudirman, hadir dalam rapat tersebut Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, Eselon I Kementerian ESDM, serta perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Pengelola Dana Perkebuna  Sawit, PT PLN (Persero), dan PT Energy Management Indonesia (Persero).

(hns/hns) 

Sumber: detik


Kategori Kegiatan