Malam Perkenalan Siswa Siswi Bali di Padang , Program Siswa Mengenal Nusantara , BUMN Hadir Untuk Negeri

Malam penyerahan 17 siswa-siswi dari Bali yang dikirim ke Sumatera Barat (Sumbar) melalui program 'Siswa Mengenal Nusantara Hadir Untuk Negeri', menjadi langkah awal bagi para pelajar asal Pulau Dewata itu untuk mengenal kultur budaya dan adat istiadat Minangkabau.

Bahkan bisa dipastikan belasan siswa-siswi itu bakal menikmati hari-harinya selama berada di Sumbar, mengingat di malam pertama mereka menginjakkan kaki di 'ranahminang', yaitu di Wisma Indarung, Kompleks PT Semen Padang, belasan siswa-siswi ini terlihat sumringah begitu menyaksikan segelintir seni dan tari tradisional khas minangkabau.

Diantaranya, penampilan Tari Ragam Andalas dan Tari Pasambahan yang dibawakan oleh siswa-siswi SMK Negeri 7 Padang.

Para pelajar itu berdecak kagum ketika melihat para penari menari-nari di atas pecahan kaca yang diiringi alunan musik khas minang yang dihasilkan dari pentolan alat musik gamelan.

Banyak dari pelajar itu mengabadikan para penari itu menari-nari di atas pecahan kaca dengan kamera handphone dan android.

"Tontonan ini manakjubkan sekali. Baru kali ini kami melihat," kata Ni Kadek Kotami, siswa kelas 11 SMA Negeri Bali Mandara saat ditemui KLIKPOSITIF di Wisma Indarung, Jumat, 11 Desember 2015.

Pelajar Bali lainnya juga mengaku demikian. "Tak menyangka, di malam pertama kami sampai di Padang kami disuguhkan dengan penampilan Tari Ragam Andalas. Kami akan share tari asal minang ini begitu kami sampai di Bali nanti," ujar Jayanti Praduyandari.

Selain penampilan Tari Pasambahan dan Ragam Andalas, para siswa-siswi dari berbagai sekolah setingkat SMA di Bali itu juga dihibur dengan penampilan seni beladiri asal minang, yaitu Silek Minang yang sudah mendunia.

Ahmad Zulkifli, panitia program 'Siswa Mengenal Nusantara Hadir Untuk Negeri' dari PT Hutama Karya yang membawa belasan siswa-siswi dari Pulau Dewata itu menyampaikan terimakasih atas sambutan dan keramahtamahan serta hiburan yang disuguhkan PT Semen Padang.

Ia mengatakan, program 'Siswa Mengenal Nusantara Hadir Untuk Negeri' ini merupakan rangkaian '70 Tahun BUMN Hadir Untuk Negeri' yang melibatkan seluruh BUMN di Indonesia.

Di Bali, kata Ahmad, PT Hutama Karya dipercaya untuk menyelenggarakan program tersebut dengan menyeleksi semua pelajar tingkat SMA di Bali.

"Setelah diseleksi, barulah pelajar itu dibawa ke provinsi lain. Untuk Bali, Sumbar lah yang menjadi tujuan," ujar Ahmad usai penyerahan 'Siswa Mengenal Nusantara Hadir Untuk Negeri' kepada PT Semen Padang.

Belasan siswa dan siswi Bali ini, sebutnya, akan berada di Sumbar hingga 24 Desember mendatang untuk mengenali semua budaya dan adat istiadat serta destinasi wisata yang ada untuk diserap dan diperkenalkan nantinya di Bali oleh belasan siswa-siswi ini.

"Begitu juga sebaliknya. Belasan siswa dan siswi dari Bali ini nantinya juga akan mengenalkan budaya dan adat istiadat Bali selama berada di Sumbar," bebernya.

Direktur Produksi PT Semen Padang Agus Boing Nurbiantoro mengatakan, pihaknya membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada para siswa-siswi asal Bali itu untuk mengenal budaya dan adat istiadat Sumbar lebih dekat.

"Sumbar memiliki banyak danau gunung dan destinasi wisata alam serta kaya dengan budaya. Galilah inspirasi selama adik-adik berada di sumbar," kata Agus Boing.

Pria kelahiran Padang, 24 Agustus 1960 silam itu juga mengatakan, program 'Siswa Mengenal Nusantara Hadir Untuk Negeri' ini sangat bermanfaat bagi generasi pelajar saat ini. Karena, ada tiga poin

http://klikpositif.com/klik/detil/26165/agus-boing:-kenalilah-minangkabau-lebih-dekat.html

 


Kategori Berita