Proyek Jalan Tol MANADO – BITUNG Bisa Dioperasikan pada 2018

Usai melakukan penandatanganan paket pembangunan jalan tol Manado -Bitung, Sulawesi Utara. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga berharap proses pengerjaan konstruksi selesai pada 2018.

"Kontraktor pelaksana telah ditetapkan Tiongkok Hebel Road dan Bridge Group.Co.Ltd yang akan bekerja sama dengan PT Hutama Karya (Persero) Tbk. Kedua kontraktor ini diharapkan menyelesaikan pembangunan konstruksi selesai pada Juni 2018," tutur Dirjen Bina Marga Hediyanto Husaini di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Hediyanto mengatakan, kedua kontraktor ini akan mengerjakan Paket pembangunan jalan tol Manado-Bitung yang ditandatangani merupakan Seksi I sepanjang 14,9 Km. Adapun pembangunan tol Manado-Bitung terbagi menjadi dua seksi dengan total panjang 39,9 km.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal Kementerian PUPR, Taufi Widjoyono menambahkan, dalam pengerjaan Seksi I tol Manado-Bitung dibagi kedalam dua Segmen yang akan dikerjakan oleh pemerintah dan dikerjakan oleh kontraktor pelasana

"Seksi I merupakan dukungan pemerintah untuk dibagi ke dalam beberapa segmen. Di mana pekerjaan di segmen kedua sepanjang 7 Km akan dibiayai melalui pinjaman luar negeri, sisanya 7,9 km akan dibiayai APBN dan SBSN," ujar Taufik.

Paket pembangunan jalan tol Manado-Bitung yang ditandatangani ini merupakan Seksi I-Segmen 2 sepanjang 7 km dengan nilai Rp1,24 triliun.

Untuk diketahui, terdapat dua paket APBN yang saat ini sedang dalam masa konstruksi dan lima paket sedang dalam proses lelang. Seksi II yang akan menjadi tanggung jawab BUJT saat ini sedang dalam proses Prakualifikasi lelang investasi.


Kategori Berita