Dirut INALUM Tinjau Pembangunan Bedah Rumah Veteran

Untuk memastikan pelaksanaan Bedah Rumah Veteran terkait program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) sesuai dengan jadwal yang disepakati, Dirut PT INALUM (Persero) Winardi bersama jajarannya memantau langsung kemajuan pekerjaannya di beberapa wilayah Sumut (08/08). Tercatat 5 titik yang dikunjungi Dirut INALUM, yaitu Kota Pematang Siantar (2 titik), Kab. Batubara (1), Tanjung Balai (1), dan Kab. Asahan (1).

Sejak ditunjuk Kementerian BUMN sebagai PIC pelaksana BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumut, INALUM langsung bergerak cepat. Menggandeng PTPN IV dan PT KIM (Persero) sebagai Co-PIC, ketiga perusahaan plat merah itu melakukan survei sehingga akhirnya memperoleh 45 rumah yang benar-benar layak untuk direnovasi. Rinciannya, di Kabupaten Batubara (5 unit), Asahan (6), Tanjung Balai (2), Simalungun (10), Samosir (2), Tobasa (3), Labuan Batu (2), Tapanuli Utara (2), Humbahas (1), Medan (2), Serdang Bedagai (6) dan Dairi (4).

Untuk itu, tanggal 5 Agustus yang lalu, secara serentak kegiatan bedah rumah dilakukan oleh Zeni Zibang Kodam I/BB. Ditargetkan, seluruh unit rumah yang dibedah akan diresmikan langsung Presiden Jokowi saat kunjungan ke Sumut pada tanggal 21 Agustus 2016.

Tampak hadir mendampingi Dirut, Sekretaris Perusahaan  INALUM Ricky Gunawan selaku Koordinator Utama Program wilayah Sumut, Deputi GM Umum dan CSR, Djoko Laksono sebagai Koordinator Bedah Rumah Veteran, dan perwakilan Zeni Zibang Kodam I/BB. “Saya optimis, pelaksanaan bedah rumah akan selesai sesuai jadwal yang ditetapkan,” ujar Winardi sambil memberikan sedikit bingkisan kepada veteran pejuang. Ia berharap, kegiatan ini dapat menginspirasi pihak lain untuk menghargai jasa para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Dalam kunjungannya, rombongan dirut sempat berinteraksi dengan para mantan pejuang yang rumahnya direnovasi. Mereka terharu, demikian besar perhatian BUMN terhadap kondisi para veteran yang nyatanya sudah tak aktif lagi berjuang. “Terima kasih atas perhatiannya. Semoga teman kami yang lain pun mendapat hal yang serupa,” ujar Ahmad Taruji, yang rumahnya  di Desa Benteng Kec. Talawi ikut di-“bedah”.

Dalam kesempatan ini juga, Winardi mengundang para veteran untuk hadir dalam Upacara HUT Kemerdekaan yang dilaksanakan di Lapangan Utama INALUM Tanjung Gading. (yem)


Kategori Berita