INALUM Salurkan Bantuan Bencana Garut

Sebagai salah satu bentuk solidaritas dan komitmen kepedulian perusahaan atas musibah yang menimpa sebagian wilayah Garut, PT INALUM (Persero) turut hadir meringankan penderitaan warga yang terdampak bencana longsor di sebagian wilayah Garut. Diwakili Kepala Perwakilan Jakarta, Yan Eka Milleza, pada Jumat (23/09) menyalurkan bantuan logistik dan obat-obatan langsung  ke Posko Kodim 0611/Garut. Diantaranya susu bayi, pakaian wanita, makanan kaleng, karpet plastik, pembalut wanita, peralatan mandi, beras, dan sekop.

Di lain pihak, Dirut INALUM Winardi berharap agar paket bantuan yang disalurkan ini dapat dimanfaat sebaik-baiknya oleh masyarakat yang terdampak secara langsung. “Hal ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap musibah yang menimpa warga. Semoga semangat peduli ini dapat meringankan penderitaan korban banjir,” ujar Winardi.

Secara simbolis, paket bantuan diterima oleh Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Dian Herdiana yang mengapresiasi respon cepat INALUM. “Kami sangat menghargai kepedulian semua pihak, termasuk INALUM atas bencana  yang menimpa sebagian wilayah Garut. Semoga  dengan bantuan banyak pihak, ekses dari bencana longsor ini dapat diminimailisir,” cetus Dian.

Menghadapi kondisi darurat ini, Bupati Garut Rudy Gunawan telah menunjuk Dandim 0611/Garut Letkol Arm Setyo Hani sebagai sebagai komandan tanggap darurat untuk mengatasi dan menangani dampak buruk yang ditimbulkan dari bencana banjir dan longsor yang telah terjadi. Sebagaimana diketahui, bencana banjir bandang yang menimpa sebagian wilayah Garut itu salah satunya disebabkan tidak mampunya sungai Cimanuk menampung curah hujan yang demikian tinggi pada Selasa (20/09) lalu. Hal ini diperparah dengan jebolnya tanggul sepanjang 250 meter di sepanjang Desa Paminggir.

Daerah yang terkena dampak paling parah adalah Kecamatan Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, dan Karangpawitan. Mengutip informasi dari Basarnas Jawa Barat, hingga Kamis malam, jumlah korban yang tewas terus bertambah hingga mencapai jumlah 27 orang.

Selain INALUM, Posko BUMN Pertambangan juga diisi oleh PT Timah (Persero) Tbk, PT Antam (Persero) Tbk, dan PT Bukit Asam (Persero) Tbk yang juga memberikan kontribusinya untuk meringankan penderitaan korban bencana. Diantaranya menerjunkan tim relawan medis ke titik terdekat korban terdampak bencana, mengirimkan perabot dan perlengkapan rumah tangga, dan bantuan selimut serta makanan bayi. 


Kategori Berita