Peduli Kebudayaan Kabupaten Batu Bara: INALUM Resmikan Pembangunan Pendopo

Tanjung Tiram (21/11) – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM sebagai kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap kelestarian ragam budaya di Indonesia khususnya di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Hal ini dibuktikan dengan bantuan INALUM terhadap pembangunan pendopo latihan di sanggar kesenian YUSDA yang terletak di Desa Kampung Lalang, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Penyerahan bantuan ini secara resmi ditandai dengan pemotongan pita oleh Manager Pemberdayaan Masyarakat INALUM, Ismail Midi yang dilaksanakan di Pendopo Sanggar Kesenian YUSDA pada Rabu (21/11). Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua Lembaga Kesenian YUSDA, M. Yusnar Harahap, dan Sekretaris Kecamatan Tanjung Tiram, M. Iqbal serta Tokoh Kebudayaan Kabupaten Batu Bara dan Tokoh Masyarakat.

Pemotongan Pita: Manager Pemberdayaan Masyarakat INALUM, Ismail Midi menggunting pita tanda telah diresmikannya Pendopo Sanggar Kesenian YUSDA di Desa Kampung Lalang, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara (21/11)

Sanggar kesenian YUSDA merupakan salah satu wadah pelestarian budaya yang aktif diikuti oleh masyarakat Kabupaten Batu Bara dan bertujuan untuk memperkenalkan berbagai seni budaya daerah Sumatera Utara dalam berbagai event dan kegiatan. Berangkat dari hal ini, INALUM berupaya untuk mendukung sanggar kesenian YUSDA dengan menyalurkan dana CSR sebesar lebih dari Rp 180 juta. Dana ini digunakan untuk pembangunan pendopo yang nantinya menunjang kegiatan sanggar kesenian YUSDA dalam hal latihan ataupun pagelaran seni budaya di tempat tersebut. Pembangunan pendopo ini telah selesai dilakukan pada bulan November 2018.

Pembangunan Pendopo : INALUM membantu membangun pendopo guna menunjang kegiatan sanggar kesenian YUSDA dalam hal latihan ataupun pagelaran seni budaya di tempat tersebut.

Dalam sambutannya, Manager Pemberdayaan Masyarakat INALUM, Ismail Midi menjelaskan tujuan dibangunnya pendopo ini. “INALUM sangat peduli terhadap kelestarian budaya yang ada di Indonesia khususnya Kabupaten Batu Bara, semoga dengan adanya sanggar ini generasi muda dapat terus melestarikan kebudayaan daerah di Kabupaten Batu Bara,” harap Ismail.

Ketua Sanggar Kesenian YUSDA M. Yusnar Harahap mengucapkan terima kasih atas pembangunan pendopo ini. Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Tanjung Tiram, M. Iqbal. “Kami dari pemerintahan Kecamatan Tanjung Tiram sangat mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh INALUM. Semoga kedepannya bantuan ini dapat digunakan sebaik mungkin untuk memajukan kebudayaan daerah khususnya kebudayaan melayu di Kabupaten Batu Bara,” ungkap Iqbal. 

Foto Bersama : Ketua Sanggar Kesenian YUSDA, Manager dan Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat INALUM, Sekretaris Kecamatan Tanjung Tiram dan Tokoh Kebudayaan Kabupaten Batu Bara berfoto bersama di depan Pendopo Sanggar Kesenian YUSDA.


Kategori Berita