KONGRES BAHASA JAWA VI DI INNA GARUDA MALIOBORO

 

Inna Garuda , Malioboro - Kongres Bahasa Jawa merupakan kegiatan lima tahunan yang melibatkan tiga provinsi di Pulau Jawa yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kongres Bahasa Jawa 2016 merupakan Kongres Bahasa Jawa keenam yang diselenggarakan di Inna Garuda Hotel  yang mengambil tema  Bahasa Jawa Triwikrama dengan subtema “ Pengoptimalan Peran Bahasa dan Sastra Jawa di Kabupaten dan Kota yang Berakarkan Budaya Jawa untuk Memperkuat Kebudayaan Nasional “ .

Triwikrama disini dimaknai sebagai gerakan reformasi. Melalui Kongres Bahasa Jawa VI, masyarakat Jawa harus mampu membangunkan segala kekuatan untuk reformasi permasalahan yang dihadapi masyarakat Jawa, berkaitan dengan kondisi bahasa Jawa yang selama ini telah mengecilkan “debit” budaya Jawa.

Kongres Bahasa Jawa dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo dengan pemukulan gong pada tanggal 8 November 2016 pukul 19.00 wib di Borobudur Hall Inna Garuda.

Hadir juga dalam acara Kongres Bahasa Jawa VI di hari kedua tanggal 9 November 2016 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jawa Timur, Direktur Pembinaan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Direktorat Jenderal Kebudayaan Sri Hartini, dan Kepala Dinas Kebudayaan DIY Drs Umar Priyono Mpd.

Acara diikuti oleh 500 peserta yang terdiri atas praktisi budaya Jawa, birokrat, akademisi, dan masyarakat pecinta budaya Jawa serta undangan khusus baik dari dalam maupun luar negeri.

Agenda Utama Kongres yaitu : Pembukaan 8 November 2016, Seminar dan Sidang tanggal 9 – 12 November 2016, dan Penutupan tanggal 12 November 2016. Pembicara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diwakili oleh Direktur Pembinaan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Direktorat Jenderal Kebudayaan, Gubernur jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur dan Pemakalah Terpilih.

Beberapa agenda acara untuk memeriahkan Kongres Bahasa Jawa yaitu :

  • PAMERAN

Tanggal 8 – 10 November 2016 di Sekar Kedaton Inna Garuda Hotel, dengan peserta dari Balai Bahasa DIY, Balai Bahasa Jawa Tengah dan Jawa Timur, Wacanen Prodi bahasa Jawa, Troy Wood Art, Batik Mase, Citra Widyatama. Hiburan Band mantra DC dan Tari Dolalak dari Purworejo.

  • PAGELARAN WAYANG

8 November 2016 pukul 21.00 WIB di Museum Serangan Umum 1 Maret Malioboro.

  • KETHOPRAK – TEATER KREASI

9 November 2016 pukul 16.00 WIB di Museum Serangan Umum 1 Maret Malioboro

  • LOMBA LOMBA

Lomba tanggal 8 November 2016

1. Lomba Campursari ( Umum )

Jumlah peserta 38 orang

2. Lomba Mendongeng ( SMP / SMA )

Jumlah peserta 33 orang.

Lomba tanggal 9 November 2016

1. Lomba Literasi Jawa

Peserta 17 kelompok total peserta 170 orang

2. Lomba Pranata Adicara ( SMP / SMA )

Jumlah Peserta 34 untuk umum dan sekolah.

 

 

Lomba tanggal 10 November 2016

1. Lomba Mewarnai  ( TK / SD )

Jumlah peserta 53 orang

2. Lomba Tari Nawung Sekar ( SMP / SMA )

Jumlah peserta 9 kelompok .


Kategori Berita