UJI COBA RADIOSONDE INTI TAHAP 1

Pada Sabtu, 01 Desember 2018, INTI telah menggelar uji coba perangkat Radiosonde di Santolo, Garut, Jawa Barat. Uji coba tersebut dilaksanakan dalam dua kali peluncuran, disaksikan langsung oleh Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Halimurrahman, serta perwakilan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di antaranya Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Meteorologi Erwin Makmur, Kepala Bidang Manajemen Observasi Meteorologi Penerbangan Abdul Hamid, Kepala Bidang Instrumentasi dan Kalibrasi Peralatan Meteorologi Budi Darmawan, beserta tim. Dalam uji coba itu, perwakilan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pun ikut hadir memberikan dukungan pada tim teknis gabungan INTI + LAPAN yang dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Produk INTI Yudi Limbar Yasik.

Pada sehari sebelumnya, Jumat, 30 November 2018, sekitar pukul 16.00 WIB, perangkat Radiosonde ini terlebih dulu diajak latihan dengan level pemantauan hingga ketinggian 34 ribu meter di tengah temperatur lebih dari minus 80 derajat Celcius. Berbekal latihan pemanasan dengan hasil memuaskan itu, maka tim pun langsung menggelar uji coba perdana pada Sabtu, 01 Desember 2018, pada pukul 06.55 WIB.

Peluncuran ini dinyatakan sukses lantaran perangkat tersebut mampu memberikan informasi secara terus menerus hingga ketinggian 25 ribu meter di tengah temperatur hingga minus 83 derajat Celcius. Ketahanan Radiosonde diukur ketika sanggup melewati fase pembekuan yang biasanya membuat alat tidak berfungsi.

Rampung peluncuran perdana, tim pun lanjut ke peluncuran kedua yang dimulai pada pukul 18.00 WIB. Hasilnya pun ternyata memuaskan. Radiosonde itu mampu memberikan informasi di tengah suhu minus 85,5 derajat Celcius, pada ketinggian 17.675 meter.


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel,Kegiatan,Publikasi