Siaran Pers Nomor : 02/PR-ITDC/VII/2018

Siaran Pers Nomor : 02/PR-ITDC/VII/2018

 

The Mandalika Sambut Obor Asian Games 2018

The Mandalika, 25 Juli 2018 – Hari ini, Torch Relay atau obor Asian Games 2018 tiba di KEK Pariwisata Mandalika/ the Mandalika, Lombok, NTB, yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Obor tersebut dibawa ke NTB menggunakan pesawat setelah sebelumnya dilakukan kirab di Bali. Kedatangan api obor Asian Games di the Mandalika, NTB, ini merupakan bagian dari rangkaian Torch Relay yang melewati 44 kota dan 18 provinsi.

"Kami ucapkan selamat datang kepada rombongan Torch Relay Asian Games 2018 di the Mandalika.  Merupakan kebanggaan bagi kami bahwa the Mandalika bisa menjadi bagian dari rangkaian Torch Relay menyambut Asian Games 2018 ini. Kegiatan penyambutan obor Asian Games ini merupakan wujud dukungan ITDC sebagai BUMN terhadap pelaksanaan Asian Games dan kami juga melibatkan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan.

Ngurah menambahkan, kedatangan rombongan obor Asian Games ini akan membantu promosi pariwisata the Mandalika yang merupakan satu dari 10 destinasi baru unggulan di Indonesia.  Melalui acara ini, diharapkan masyarakat makin mengetahui keindahan the Mandalika dan tertarik untuk mengunjungi kawasan the Mandalika.  Khususnya dengan telah beroperasinya Kuta Beach Park, yang pada libur Lebaran lalu mencapai lebih dari 50.000 pengunjung.

Penyambutan obor Asian Games 2018 di the Mandalika, NTB, dipusatkan di Kuta Beach Park, dan  dilakukan oleh Direktur Operasi dan Konstruksi ITDC Ngurah Wirawan bersama Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah H.M Nursiah. Acara penyambutan ini dimeriahkan oleh tarian tradisional dan mini bazaar dimana mini bazaar tersebut diisi dengan booth yang menjual souvenir khas Lombok, makan dan minuman serta informasi pariwisata.  Pagi harinya dilakukan kegiatan beach clean up dan senam di kawasan Kuta Beach Park yang diikuti oleh jajaran SKPD Lombok Tengah, pemilik properti di Kuta Mandalika, pegawai ITDC, kontraktor, wisatawan, dan lebih dari 1.000 siswa sekolah.

Pada sambutannya, Nursiah dan Ngurah menekankan bahwa kunjungan dari adanya api obor ini merupakan momen yang langka yang perlu diapresiasi. “Tidak seluruh kabupaten kota dihampiri torch relay, jadi Kabupaten Lombok Tengah ini termasuk beruntung.” tutur Nursiah. “Perlu diingat bahwa api obor Asian Games ini terakhir mengunjungi Indonesia 56 tahun yang lalu. Sehingga, kita patut berbangga dengan adanya kehadiran dari api obor di the Mandalika. Kami selaku pengelola berharap agar kawasan ini dalam lima hingga sepuluh tahun kedepan dapat menjadi tempat wisata yang sekaligus bisa menjadi akomodasi olahraga,” lanjut Ngurah.

Dalam kegiatan di the Mandalika tersebut, obor dibawa oleh Permana Sunu selaku penanggungjawab Torch Relay Asian Games dari INASGOC. Rombongan pembawa obor dikawal oleh panitia INASGOC lainya serta TNI dan Polri. Setelah mampir di the Mandalika, rombongan dengan Permana sebagai pembawa obor menuju Mataran dan finish di Kantor Gubernur NTB.

  • Selesai -

 

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 42 tahun perseroan telah membangun dan mengelola the Nusa Dua, kawasan pariwisata kelas dunia yang berlokasi di Bali Selatan.

Saat ini di the Nusa Dua terdapat 19 hotel berbintang yang menawarkan 5.000 kamar, pusat perbelanjaan, museum, cultural venues, lapangan golf, rumah sakit, dan fasilitas pariwisata lainnya.  The Nusa Dua juga memiliki fasilitas pendukung, seperti Bali International Convention Center di hotel Westin yang berkapasitas 2.500 pax dan Bali Nusa Dua Convention Center berkapasitas 10.000 pax, yang membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dll.

Melalui PP Nomor 55 Tahun 2008 dan PP Nomor 33 Tahun 2009, ITDC (saat itu masih BTDC) memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola kawasan Mandalika (The Mandalika) di Lombok dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah Pusat untuk dikembangkan sejalan dengan strategi Pemerintah meningkatkan pariwisata menjadi sumber devisa utama negara.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:

Miranti N. Rendranti atau Esther D. Ginting

Corporate Secretary/Corporate Communication

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC

Telp. 021 – 80642790

miranti@itdc.co.id atau esther.ginting@itdc.co.id


Kategori Siaran Pers