Siaran Pers Nomor : 27/PR-ITDC/IX/2019

Siaran Pers 
Nomor : 27/PR-ITDC/IX/2019 
 

ITDC Bekerjasama dengan FHCI Laksanakan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat 2019 

The Nusa Dua, 02 September 2019 - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengadakan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Magang Bersertifikat 2019 Batch II periode 2 September 2019 – 28 Februari 2020 yang merupakan salah satu program Forum Human Capital Indonesia (FHCI) di lingkungan BUMN, bertujuan untuk menjawab tantangan SDM BUMN dimasa yang akan datang, mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia yang unggul dan menghadirkan Sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 02 September 2019 melalui video conference di 3 wilayah kerja ITDC sebagai bentuk pemanfaatan teknologi oleh Human Capital & GA Head I Made Agus Dwiatmika dan dihadiri Wakil Rektor Universitas Muhamadiyah Makassar Muh.Tahir.  

Kegiatan ini sebelumnya melalui proses seleksi berupa match up data perguruan tinggi dengan industri. Total mahasiswa magang yang telah lulus seleksi untuk magang ke ITDC ada 9 orang yang telah dibagi penempatannya pada 3 wilayah kerja ITDC dengan rincian yaitu: 4 orang di Kantor ITDC Jakarta, 4 orang di The Nusa Dua dan 4 orang di The Mandalika. Para mahasiswa tidak hanya magang tetapi juga diwajibkan membuat project assignment sebagai bentuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang di dapatkan selama magang serta mengasah kemampuan problem solving pada tempat magang 

Human Capital & GA Head ITDC I Made Agus Dwiatmika mengatakanDiharapkan program mahasiswa magang bersertifikat ini bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk belajar dan mengetahui seperti apa dunia kerja dan ilmu yang telah didapatkan dapat diaplikasikan pada saat kerja nantinya”.  

Program Mahasiswa Magang Bersertifikat ini merupakan program yang diusulkan oleh Kementerian BUMN kepada FHCI untuk  mengubah sistem perekrutan agar lebih memberikan peluang kerja kepada tenaga diploma serta untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN serta meningkatkan kompetensi anak bangsa melalui Program Pemagangan di BUMN agar teciptanya SDM Unggul, serta dengan dilaksanakannya program ini harapan kedepannya adalah link & match kurikulum pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta dapat selaras dengan kebutuhan kompetensi di BUMN. 

Pada tahun 2019 ditargetkan sebanyak 9.000 peserta magang dari 231 perguruan tinggi yang akan dilaksanakan dalam 2 batch di mana pada batch-1 BUMN telah membuka 4.280 posisi di 113 BUMN. Peserta magang juga mendapatkan sertifikat kompetensi atau sertifikat industri, mendapatkan uang saku, serta memiliki kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN, ungkap Menteri BUMN Rini Soemarno. 

 

Tentang ITDC  

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 45 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. 

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan baru saja IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018. 

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola the Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah 

Pada tahun 2017 the Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional. 

 

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi: 
I Made Agus Dwiatmika atau I Putu Mirayana 
Human Capital dan GA Head / Human Capital Head 
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC 
Telp. 021 – 80642790 

Kategori Siaran Pers