Siaran Pers Nomor: 16/PR-ITDC/VI/2019

Siaran Pers

Nomor: 16/PR-ITDC/VI/2019

Peringati World Environment Day, ITDC Gelar The Nusa Stop Plastic Pollution

THE NUSA DUA, Bali, 28 Juni 2019 - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali, kembali melaksanakan kegiatan beach clean up di area Nusa Dharma, The Nusa Dua hari ini.  Kegiatan dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang jatuh setiap tanggal 5 Juni sekaligus sebagai salah satu implementasi dukungan terhadap peraturan Gubernur Bali no. 97 tahun 2018 tentang “Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai".  Kegiatan beach clean up dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung, tenant hotel dan fasilitas yang berada di Kawasan The Nusa Dua dan masyarakat paguyuban pedagang jasa di area The Nusa Dua, sebagai aksi dalam menjaga lingkungan kawasan tetap bersih dan sehat dari sampah plastik.

Kegiatan beach clean up atau bersih-bersih sampah plastik mengangkat tema” The Nusa Dua Stops Plastic Pollution” dan menjadi bagian dari campaign The Nusa Dua dalam mengurangi penggunaan benda-benda plastik sekali pakai di lingkungan kawasan.  Kegiatan dilakukan di pulau Nusa Dharma, salah satu dari dua pulau yang menjadi cikal bakal nama Nusa Dua.  Kawasan yang dianggap suci karena karena keberadaan Pura Nusa Dharma ini, kedepannya akan dikembangkan menjadi pusat meditasi & yoga untuk menambah alternatif fasilitas serta daya tarik kawasan The Nusa Dua.  Kegiatan bersih- bersih sampah sendiri dilakukan oleh seluruh peserta di seputaran pulau dan pantai sekitarnya.

Managing Director Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan “Kegiatan beach clean up merupakan kegiatan yang secara rutin dilakukan di kawasan The Nusa Dua sesuai konsep pengelolaan kawasan ini yang berlandaskan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism). Lingkungan dan sumber daya alam yang terawat dan bebas sampah juga kami yakini menjadi kunci utama untuk menarik minat wisatawan datang dan berkunjung ke The Nusa Dua. Kami berharap berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi dan membangun masyarakat yang sadar dan peduli terhadap lingkungan, sehingga dapat bersama-sama mengurangi dampak kerusakan alam.".

 

 

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 45 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan baru saja IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola the Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 the Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional.

 

Untuk Keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:

IB Mahadira Rizativa (08155775999) Humas The Nusa Dua

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC

Telp. 0361 – 771010

humas_group@itdc.co.id  atau ib.madriva@itdc.co.id


Kategori Siaran Pers