Siaran Pers Nomor: 37/PR-ITDC/XI/2019

Siaran Pers
Nomor:  37/PR-ITDC/XI/2019
 

46 Tahun ITDC, Semangat Mewujudkan Penyelenggaraan MotoGP di The Mandalika 2021

12 November 2019 - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, tepat berusia 46 tahun hari ini.  Perayaan hari ulang tahun diselenggarakan dalam bentuk syukuran di tiga wilayah kantor ITDC yaitu di Jakarta, The Nusa Dua Bali, dan The Mandalika Lombok.

Mengambil tema ‘Embracing Energy of Race’, ulang tahun ke-46 ITDC merujuk kepada perjalanan ITDC selama 2019 dan memasuki 2020 mempersiapkan perhelatan kejuaraan balap dunia MotoGP di The Mandalika mulai 2021, yang membutuhkan semangat seluruh jajaran Perusahaan dalam mewujudkan penyelenggaraan event akbar yang membawa nama Indonesia tersebut.  Seperti yang telah diketahui, pada akhir Januari 2019 ITDC telah menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna Sports SL, pemegang hak siar dan penyelenggaraan MotoGP di dunia, untuk membawa gelaran MotoGP dan World Superbike ke Indonesia, tepatnya ke The Mandalika.  2019 juga menjadi tahun dimulainya pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) yang saat ini telah memasuki tahap konstruksi badan jalan dan tengah menyelesaikan proses homologasi, serta akan memasuki tahap pengaspalan pada Januari 2020. Dorna sendiri telah mengumumkan bahwa Sirkuit Mandalika direncanakan akan menjamu tes pra-musim 2021 MotoGP pada Februari atau Maret 2021.

Hari ini selain mengadakan syukuran, perayaan HUT ke-46 ITDC diisi dengan penyerahan bantuan di The Nusa Dua dan The Mandalika.  Di The Nusa Dua, penyerahan berupa program Bina Lingkungan bantuan sarana ibadah kepada Desa Bualu, Desa Peminge dan Desa Kampial senilai Rp. 200.000.000,00, serta beasiswa untuk 19 siswa berprestasi, dua diantaranya merupakan anak pegawai ITDC, serta mengundang para pegawai Purnabhakti ITDC untuk ikut serta dalam perayaan.  Sedangkan di The Mandalika selain mengundang pegawai Purnabhakti ITDC, juga dilakukan penyerahan bantuan berupa beasiswa untuk 2 siswa berprestasi serta bantuan sarana dan prasarana ibadah untuk mushola di desa penyangga The Mandalika.

Peringatan ulang tahun ke-46 ITDC sendiri telah dimulai sejak tanggal 07 November 2019, dimana dilakukan penyerahan bantuan kepada janda dan duda Purnabhakti ITDC dalam kegiatan anjangsana, diilanjutkan dengan ITDC Kindness Vacation untuk anak-anak dari Kintamani ke The Nusa Dua pada 08 November 2019.

Rangkaian kegiatan ulang tahun ke-46 ITDC akan ditutup dengan malam puncak perayaan pada 16 November 2019, bertempat di The Westin Resort Nusa Dua, yang akan diisi dengan pemberian penghargaan kepada karyawan, serta dimeriahkan antara lain oleh penampilan Aurelie Moeremans, penyanyi muda bertalenta yang dikenal dengan single “Here We Are” dan Royal Radio Band, grup musik lokal.

SELESAI

 

Tentang ITDC 

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 45 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan baru saja IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola the Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 the Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:
Miranti N. Rendranti atau Esther D. Ginting
Corporate Secretary/Corporate Communication
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC
Telp. 021 – 80642790

Kategori Siaran Pers