Daop 1 Jakarta Menjadi yang Terbaik dalam TSMA 2017

Kementerian Perhubungan menyerahkan penghargaan Transportation Safety Management Award (TSMA) 2017  kepada penyelenggara seluruh moda transportasi di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan, Selasa (19/12). Hasil seleksi dari 35 peserta operator jasa angkutan transportasi se-Indonesia, memunculkan empat besar kategori yang masing-masingnya diberikan penghargaan tiga besar.

Daop 1 Jakarta meraih gelar Terbaik 1 untuk kategori Transportasi Kereta Api. Sedangkan, untuk Terbaik 2 diraih Daop 4 Semarang, dan Terbaik 3 diraih Daop 2 Bandung. Penilaian penghargaan yang mengusung kategori transportasi Darat, Laut, Udara dan Kereta Api ini dilakukan oleh Tim Penilai Independen yang telah melakukan kunjungan lapangan terhadap para penyelenggara jasa angkutan. Salah satu point utama penilaian yang memunculkan semua pemenang di atas, yaitu kepatuhan pada Standar Operation Prosedure (SOP).

Adapun persentase unsur penilaian dalam ajang penghargaan ini meliputi; Organisasi (komitmen dan kebijakan dan manajemen keselamatan) sebesar 15%, Sarana (standar pengadaan dan pelaksaan keselamatan dan standar perawatan sarana) sebesar 35%, Sumber Daya Manusia (pelaksanaan program) sebesar 40%, dan Pendukung Manajemen Keselamatan (databese, sistem pelaporan kegiatan operasional) sebesar 10%. Dari persentase unsur penilaian tersebut, Daop 1 Jakarta berhasil menghimpun nilai 91,08.

"Diselenggarakannya award ini tujuannya adalah untuk memotret performance dari aspek keselamatannya sejauh mana, dari potret itu diharapkan ada gairah untuk sama-sama meningkatkan aspek keselamatan. Sehingga keselamatan bukan lagi suatu kewajiban, tapi juga kebutuhan yang melekat dalam gerak nafas roda transportasi," tegas Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan, Sugihardjo yang mewakili sambutan dari Menteri Perhubungan. “Kami ucapkan selamat kepada seluruh pemenang dan bagi yang belum menang jangan berkecil hati,” tambahnya. Ia berharap seluruh peserta agar selalu berusaha meningkatkan standar safety. "Untuk kemudian saling bersaing positif, berikan pelayanan optimal, nyaman dan aman bagi para pelanggan masing-masing jenis transportasi," tutupnya. (PR KAI)


Kategori Berita
Sub Kategori Prestasi