Direktur Utama KAI Terpilih sebagai Indonesia Most Admired CEO 2017

Majalah Warta Ekonomi mengadakan event Indonesia Most Admired CEO 2017 di Balai Kartini Jakarta, Jumat (8/12). Hadir dalam kegiatan ini adalah Menko perekonomian RI Darmin Nasution, Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad, Pemred Warta Ekonomi Muhammad Ikhsan, Direktur SDM dan Umum KAI Apriyono Wedi Chresnanto, EVP Corporate Secretary KAI Dariyadi, perwakilan dari PT Kereta Commuter Indonesia, serta para tamu undangan lainnya.

Penghargaan diberikan kepada CEO Indonesia yang dianggap mampu menunjukkan kualitas dan citranya dihadapan para karyawan dan pembaca Majalah Warta Ekonomi. "CEO memiliki peran dalam menentukan arah sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya," ujar Fadel Muhammad. Menurutnya CEO memerlukan kompetensi khusus agar dapat menjadi pemimpin yang andal di sebuah perusahaan. Indonesia memiliki banyak pemimpin perusahaan yang andal, namun tidak semua pemimpin menjadi sosok idaman bagi banyak orang. Pemimpin idaman merupakan sosok yang diakui reputasi, komitmen, kerja keras, serta kepiawaiannya dalam mengelola perusahaan hingga mampu menjadikan perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang.

Pada ajang kali ini, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro terpilih sebagai Top 5 Most Admired CEO in Transportation Sector. Penghargaan ini diserahkan oleh Darmin Nasution dan diterima oleh Apriyono Wedi Chresnanto yang hadir mewakili Direktur Utama KAI. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia yang merupakan anak usaha KAI juga mendapatkan penghargaan serupa dari Majalah Warta Ekonomi.

Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan menggunakan desk research untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kinerja perusahaan di tahun 2017. Prestasi yang dicapai oleh perusahaan merupakan cerminan prestasi CEO dalam mengejar target kinerja perusahaan. Hasil desk research ini menjadi bahan awal untuk proses kegiatan riset kuantitatif pada tahap selanjutnya. Riset kuantitatif dilakukan melalui pengumpulan data secara online. Penyebaran kuesioner secara online dilakukan kepada 17.124 responden dengan kriteria jobseeker dan worker. Kegiatan ini dilakukan di lima kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bandung. tujuannya adalah untuk mendapatkan CEO pilihan karyawan yang dianggap memiliki pengalaman dan pemahaman di industri di mana mereka bekerja. Survei online menggunakan panel responden yang terseleksi berdasarkan kriteria demografi tertentu dan terkoneksi dengan smartphone mereka. Riset ini menghasilkan nama-nama CEO idaman dengan imageterbaik berdasarkan persepsi responden. Setelah melakukan seluruh rangkaian riset, didapatkan total 105 CEO idaman menurut Warta Ekonomi. Dengan adanya penghargaan ini, Warta Ekonomi berharap agar para CEO di Indonesia termotivasi dan mampu mengembangkan perusahaannya ke arah yang lebih baik. (PR KAI)


Kategori Berita
Sub Kategori Prestasi