Kabar Gembira, Moms Ibu Hamil Pengguna KRL Kini Punya Pin Khusus

Commuter Line alias Kereta Rel Listrik (KRL) menjadi salah satu transportasi umum andalan masyarakat Jabodetabek, tak terkecuali bagi ibu hamil. Selain cepat, biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan transportasi umum ini pun sangat ekonomis. KRL juga menjadi solusi bagi para pengguna yang tidak ingin ingin bermacet-macetan di jalan raya.

Sayangnya, KRL di Jabodatebek masih belum ramah terhadap ibu hamil. Ya, Moms, meski sudah tersedia kursi prioritas bagi ibu hamil, namun masih banyak pengguna yang tidak tertib dengan aturan tersebut. Sehingga, bangku prioritas yang seharusnya diperuntukkan untuk ibu hamil malah digunakan oleh pengguna umum lainnya.

Tak jarang sebagian para pengguna KRL umum ini pun pura-pura tidur, atau memberikan bangku dengan menggerutu. Ada pula yang bahkan menolak mentah-mentah permintaan ibu hamil untuk bisa mendapatkan tempat duduk di bangku prioritas. Yang lebih menyedihkannya lagi adalah ketika ibu hamil tidak mendapat bangku karena pengguna umum lainnya tidak dipercaya bahwa ia benar-benar sedang hamil akibat kondisi perutnya yang belum membesar.
 
Hal tersebut pernah dirasakan oleh Desi (24), pengguna KRL yang kini sedang hamil muda. Kepada kumparanMOM ia menceritakan pengalamannya yang kesulitan mendapat bangku ketika menggunakan KRL.
"Waktu baru banget hamil pas aku naik KRL enggak ada yang percaya. Jadi segan minta duduk. Jadi minta tolong ke satpam. Itu pun dilihatin sama ibu-ibu, dicurigai. Pernah duduk di prioritas tapi disuruh bangun. Setelah itu aku bilang kalau aku lagi hamil", katanya.
 
Tapi jangan khawatir, Moms, bila Anda pernah mengalami hal yang serupa seperti yang dialami Desi. Sebab, mulai saat ini PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), mengeluarkan sebuah PIN khusus untuk ibu hamil.
Pin ini dibuat oleh PT KCI sebagai bentuk kepeduliannya untuk ibu hamil. Dengan memiliki pin itu, ibu hamil bisa menunjukkan identitasnya dengan pengguna umum lainnya, sehingga memudahkan untuk mendapat bangku selama berkereta. Tidak hanya terbatas di bangku prioritas tetapi di seluruh bangku KRL.
 
"Tanggal 4 kita akan bagi pin kepada ibu hamil. Sehingga pin itu akan menjadi identitas ibu hamil kalau naik KRL bisa mendapatkan kursi prioritas. Mekanisme pembagian ada cara pendaftarannya," ujar VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba, saat ditemui di Stasiun Kota, Jakarta Pusat, Senin (2/9).
 
Berdasarkan Akun Twitter Resmi PT KCI, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan pin khusus ini, Moms. Pertama, ibu hamil bisa mendapatkan pin ini dengan cara online, mendatangi stasiun-stasiun besar seperti stasiun Bekasi, Bogor, Juanda, Sudirman dan Tanah Abang atau melalui komunitas yang berada di jalur Bekasi, jalur Depok-Bogor, jalur Nambo, jalur Serpong, dan jalur Duri-Tangerang.
 
Bila memilih registrasi online, pertama-tama ibu hamil harus mengujungi link ini. Link tersebut memuat formulir pendaftaran pin ibu hamil yang di dalamnya Anda harus mengisi Nama, Tanggal Lahir, Alamat, Nomor KTP, No. KMT, No Telepon/handphone, dan email. Di dalam link itu, Anda akan diminta untuk melampirkan foto diri dan surat keterangan dari RS atau bidan tentang usia kehamilan atau pun prediksi kelahiran Anda, Moms.
Mudah kan cara pendaftarannya?
 
Semoga saja, keberadaan PIN ini benar-benar bisa memudahkan ibu hamil untuk mendapatkan bangku di KRL, serta membuat penumpang umum lainnya lebih peduli untuk memberikan bangku kepada wanita hamil.
 
 
 
Sumber: https://kumparan.com/@kumparanmom/kabar-gembira-moms-ibu-hamil-pengguna-krl-kini-punya-pin-khusus-1rmmtTV8VzA

Kategori Berita