Kepedulian KAI kepada Korban Bencana Alam di Pangandaran

Hujan deras terjadi sejak Jumat malam (6/10) di Kabupaten Pangandaran yang mengakibatkan beberapa sungai dan anak sungai meluap hingga merendam ratusan rumah rumah. Guyuran hujan terus menerus tanpa henti. Puncaknya pada Sabtu dini hari (7/10/2017) banjir semakin meninggi hingga dua meter dan mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Menurut Koordinator Humas dan Protokoler Basarnas Jawa Barat Joshua Banjarnahor, bencara longsor terjadi karena intensitas hujan yang sering mengguyur di lokasi tersebut.

Bencana longsor tersebut menimpa rumah warga sehingga menewaskan satu keluarga di lokasi tersebut. Sebanyak 4 orang tewas dan 3 orang mengalami ruka ringan akibat tertimbun longsor. Korban jiwa yang merupakan satu keluarga tersebut tewas tertimbun karena lokasi rumahnya yang berada di zona rawan bahaya bencana longsor. Selain menimpa rumah warga, longsoran tanah juga menutup akses jalan di lokasi tersebut. Pemerintah Kabupaten Pangandaran bersama Provinsi Jabar telah melakukan pertolongan terhadap korban bencana, termasuk membuka akses jalan yang tertutup.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan respon positif ketika mendengar informasi mengenai bencana longsor di Kabupaten Pangandaran. Bentuk kepedulian KAI sebagai salah satu BUMN yang harus senantiasa memberikan manfaat dalam program BUMN hadir untuk negeri. Vice President Daop 2 Saridal mengatakan, pihaknya menyampaikan rasa duka mendalam dan keprihatinan kepada seluruh korban di pesisir pantai selatan Jabar itu. "Bantuan yang kita berikan ini untuk meringankan beban para korban longsor di Kabupaten Pangandaran. Ini menjadi bentuk keprihatinan kita," kata Saridal, Rabu (11/10).

KAI menyerahkan bantuan sebanyak 1.518 paket. Setiap paket tesebut terdiri dari selimut, pakaian anak, pakaian wanita, pakaian pria, mie instan, beras, air mineral, dan pembalut. Bantuan tersebut diberikan kepada perwakilan posko BPBD Kab. Pangandaran di Kantor Desa Cikembulan Kec. Sidamulih Kab. Pangandaran, bantuan tersebut nantinya akan di bagikan ke 8 titik lokasi yang terkena bencana banjir dan longsor, yaitu Kecamatan Sidamulih, Kalipucang, Parigi, Pangandaran, Cijulang, Langkaplancar, Padaherang, dan Cigugur. (PR KAI)


Kategori Berita