LRT Terintegrasi dengan Trans Musi dan Damri

Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan, PT. Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang, Perum Damri, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) dan Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, Jumat, 22 Februari 2019 melaunching integrasi LRT, Bus Damri, dan Trans Musi di Stasiun LRT DJKA. Integrasi ini merupakan wujud peningkatan pelayanan dengan memberikan kemudahan bertransportasi dengan harapan masyarakat akan mulai beralih menggunakan transportasi umum.

Manager Humas PT. KAI, Aida Suryanti menyampaikan, " Tarif tiket integrasi ini lebih murah dari transportasi lain, konektivitasnya pun cukup merata. Terdapat 3 katagori tarif pada tiket integrasi ini yakni umum, mahasiswa, dan pelajar. Untuk tarif integrasi LRT-Damri, tarifnya terbagi berdasarkan 3 kategori penumpang. Bagi penumpang umum tarifnya sebesar Rp 10.000. Sementara untuk mahasiswa dan pelajar tarifnya sebesar Rp 7.000. Lalu tarif LRT-Trans Musi untuk kategori umum dan mahasiswa dipatok sebesar Rp 7.000. Sementara untuk pelajar hanya sebesar Rp5.000.

Jika penumpang menggunakan Damri-LRT-Trans Musi, besaran tarif yang harus dibayar untuk penumpang umum dan mahasiswa sebesar Rp 12.000. Sementara untuk pelajar, tarifnya hanya sebesar Rp 10.000. Perbedaan ini merupakan ajakan untuk gunakan transportasi umum khususnya untuk kalangan mahasiswa dan pelajar dengan tarif yang paling murah, hal ini bertujuan supaya generasi milenial membudayakan naik transportasi umum,” sambung Aida. 

Integrasi antar moda ini selain dipatok dengan harga yang terjangkau, juga memberikan pelayanan yang maksimal dengan pola operasi Damri akan berhenti di Stasiun DJKA setiap 10 menit dan untuk Trans Musi akan berhenti disetiap Stasiun LRT. Sedangkan untuk KA LRT tiket integrasi berlaku untuk rute  Stasiun LRT DJKA sampai Stasiun Asrama Haji dan sebaliknya.  Cara mendapatkan tiketnya pun sangat mudah karena dilayani di Loket pembelian di setiap Stasiun LRT, Halte Transmusi, dan loket Damri. Pemberlakuan tiket integrasi antar moda ini akan terus dievaluasi agar pelaksanaan nya menjadi lebih baik sebagai upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransportasi, tutup Aida. (Humas KAI Divre III Palembang)


Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Pengumuman