Mengisi Liburan, Railfans Bantu Posko Informasi di Stasiun Purwokerto dan ...

Mengisi Liburan, Railfans Bantu Posko Informasi di Stasiun Purwokerto dan Kutoarjo

 

Masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, yang dilaksanakan Posko mulai tanggal 20 Des 2018 sampai 6 Jan 2019. PT KAI melibatkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk mensukseskan dan melancarkan kegiatan tersebut. Selain itu juga dilibatkan personil bantuan luar dari TNI maupun POLRI.

Namun ada yang menarik saat kita di stasiun Purwokerto dan Kutoarjo. Terlihat beberapa anak-anak setingkat sekolah SLTP-SLTA yang mondar mandir membantu para penumpang, khususnya penumpang lansia dan berkebutuhan khusus serta memberikan informasi kepada penumpang yang mungkin kesulitan mencari posisi kereta nya.

"Kita melibatkan komunitas Railfans dari spoorlimo untuk ikut membantu saat posko Nataru 2018-2019", demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.

Lebih kurang 24 anggota membantu di stasiun Purwokerto, serta 16 anggota membantu di stasiun Kutoarjo. Kegiatan yang mereka lakukan diantaranya, membantu memberikan info jadwal KA, info jam kereta, info posisi KA masuk jalur berapa serta info posisi kereta yang tertera di tiket penumpang. "Salut dengan mereka, anggota komunitas Railfans / pecinta KA, liburan sekolah yang seharusnya mereka manfaatkan untuk berlibur dan bermain. Namun dengan keikhlasan, beramal membantu memperlancar penumpang di stasiun," sebut Supriyanto dengan bangga. Keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan di PT KAI tidak hanya even Nataru saja. Namun juga pada posko angkutan lebaran, acara sosialisasi keselamatan di perlintasan serta kegiatan lainnya. Ketika ditemui di stasiun Purwokerto, Yosi (salah satu anggota komunitas yang ikut posko) menyampaikan alasan kenapa mereka ikut kegiatan ini. "Ini wujud kecintaan kami pada kereta api. Kami ingin kereta api semakin dicintai masyarakat", ungkap Yosi.

Keterlibatan Pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselamatan serta keamanan perkeretaapian sangat diperlukan, untuk mewujudkan kereta api yang handal.

PT KAI selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA serta penumpang/barang yang diangkutnya. (Humas KAI Daop 5 Purwokerto)


Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Pengumuman