Penumpang Membludak, KA Bandara Solo Jadi Objek Wisata Baru

Solo, IDN Times - Setelah resmi beroperasi pada Minggu (29/12), penumpang kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) Solo membludak. Hal tersebut terlihat dari banyaknya antrian di peron bandara. Antrian panjang penumpang KA Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS) di peron Stasiun Solo Balapan Solo terlihat sejak siang Rabu (1/20).  Antrian terlihat mengular di sepanjang sky bride, mereka mengantri untuk mendapatkan tiket KA BIAS tujuan Stasiun Balapan ke Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan momen tiket grtis KA BIAS untuk mencoba moda transporasi baru tersebut. Seperti salah seorang warga asal Sambi, Boyolali, Yanti (38) mengaku sengaja menaiki KA BIAS dari Stasiun Bandara menuju ke Stasiun Solo Balapan hanya untuk mencoba moda trasportasi baru tersebut, ia mengajak serta anak dan adik-adiknya untuk mencoba jalur baru. “Tadi naik dari bandara, dan ini mau balik lagi ke bandara tapi masih mengantre tiket. Ini mencoba saja mumpung gratis,” ujarnya saat ditemui di Stasiun Solo Balapan, Rabu (1/20).

Adanya KA BIAS ini nampaknya juga menarik minat para orang tua untuk mengajak anaknya mencoba kereta baru sekaligus untuk mengisi hari libur sekolah. Bahkan, para orang tua tersebut rela menunggu lama dan membawa bekal untuk anaknya sembari menunggu antrean naik kereta. Namun tak semua penumpang berkesempatan bisa naik KA BIA tersebut, PT KAI membatasi jumlah penumpang KA sesuai dengan kapasitas sekali jalan yakni sektitar 206 penumpang. Amira (25) merasa kecewa karena tidak mendapatkan tiket padahal ia sudah menunggu sejak satu jam lamanya. “Ini tidak jadi naik, kehabisan tiket jadi pulang lagi, dah nunggu lama juga tadi,” ungkapnya.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto mengatakan jika peminta penumpang KA BIAS terbilang tinggi. Ia mengatakan banyak dari masyarakat yang mencoba KA BIAS lantaran penasaran dan masih gratis. “Penumpang kebanyakan dari warga yang merasa penasaran ingin naik, kan ini gratis. Tetapi ada juga yang penumpang pesawat terbang yang asli,” ungkapnya. KA BIAS sendiri dioperasikan selama enam trip dalam sehari adapaun jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pada pukul 12.18 WIB, 13.34 WIB, dan 14.50 WIB. Dan jadwal berangkat dari Stasiun Bandara pada pukul 12.47 WIB, 14.01 WIB, dan 15.21 WIB.


Kategori Berita
Sub Kategori Inovasi