Petugas Keamanan Stasiun di Brebes dan Tegal Dilatih Deteksi Objek Mencuriga

Petugas Keamanan Stasiun di Brebes dan Tegal Dilatih Deteksi Objek Mencurigakan

Pasca-teror bom beruntun di bebebrapa tempat di Surabaya Jawa Timur, langsung ditindak lanjuti PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daop 5 dengan memberikan pelatihan khusus kepada petugas keamanan.

16 petugas keamanan stasiun di Brebes dan Tegal diberikan pembinaan dan pelatihan khusus antisipasi keamanan dan ketertiban di Stasiun Bumiayu, Brebes, Senin (14/5/2018).

Manajer Pengaman Obyek Vital dan Aset PT KAI Daop 5, Muhammad Safriadi, menuturkan tenaga keamanan (security) di stasiun merupakan garda pengamanan terdepan di lingkungan stasiun.

"Karena itu, emreka harus mendapatkan pengetahuan prosedur dan tata cara identifikasi terhadap hal- hal yang mencurigakan," kata Safriadi.

Materi yang diberikan dalam pembinaan dan pelatihan itu antara lain pengetahuan tentang tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) personel keamanan stasiun; teknik pemeriksaan orang dengan menggunakan metal detector.

Selain itu juga diberikan pelatihan teknik pemeriksaan kendaraan dengan menggunakan vehicle mirror inspection; cara penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), beladiri dan pengamanan bernuansa pelayanan.

"Kami mengantisipasi segala kondisi dengan memperketat pengamanan di lingkungan stasiun dan di atas kereta tanpa mengabaikan pelayanan," ujarnya.

Pihaknya juga telah meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan aparat kewilayahan setempat, baik TNI maupun Polri.

Hal itu untuk memudahkan dan mempercepat penyampaian informasi bila ada hal-hal yang mencurigakan.

 

 

 

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2018/05/14/petugas-keamanan-stasiun-di-brebes-dan-tegal-dilatih-deteksi-objek-mencurigakan


Kategori Berita