Rail Clinic untuk Warga Bangil

Sebagai bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri, PT KAI mengadakan Bakti Sosial yang mengena langsung pada masyarakat berupa pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Bangil, Kamis (4/5). Uniknya, pengobatan gratis ini dilakukan di atas kereta api yang sudah dimodikasi menjadi kereta yang memiliki berbagai fasilitas pemeriksaan kesehatan. Kereta api ini lebih dikenal dengan nama Rail Clinic.

Rail Clinic adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, mata, serta pelayanan kefarmasian. Dilanjutkannya, Rail Clinic ini diresmikan penggunaanya pada 12 Desember 2015, dan sekaligus mendapatkan piagam rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia. Pengobatan gratis ini, sebagai bentuk kepedulian kami melalui program Corporate Social Responsibility kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau rel kereta api.

Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA. Sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor. Untuk mendapatkan layanan kesehatan di Rail Clinic ini, masyarakat hanya diminta untuk menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya sudah diberikan terlebih dahulu atau menunjukan identitasnya kepada petugas. Dalam pelayanan Rail Clinic kali ini di Stasiun Bangil, PT KAI menyiagakan tim kesehatan yang berasal dari internal pegawai PT KAI. Dan menargetkan dapat membantu melayani lebih dari 200 orang pasien dari penduduk setempat. Selain itu, juga dilakukan pemberian kacamata gratis, serta penyuluhan kesehatan bagi warga setempat.

Diharapkan, dengan adanya pengobatan melalui Rail Clinic ini, tingkat kesehatan warga menjadi lebih baik. Serta pada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau rel kereta api, untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI. (PR KAI)


Kategori Siaran Pers