Selama Angkutan Lebaran Daop 5 Mengangkut 5.945 Motor Gratis

Purwokerto, (7/7) program angkutan Motor Gratis (MOTIS) yang sedianya diadakan rutin tiap tahun menjelang masa lebaran maupun setelah lebaran saat ini telah selesai dilksanakan yang berakhir pada tanggal 06 Juli 2017, seperti informasi kami sebelumnya terkait pelayanan MOTIS yang diprakarsai oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT.Kereta Api Indonesia (Persero), yang telah disepakati dan ditentukan pelaksanaanya selama 13 hari dan terbagi dalam dua tahap yaitu pertama pada arus mudik mulai tanggal 18 Juni 2017 sd 23 Juni 2017, yang kedua pada arus balik mulai tanggal 29 Juni 2017 sd 05 Juli 2017, tidak seperti tahun kemarin 2016, kali ini frekuensi pelayanan angkutan MOTIS ada tiga perjalanan, jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang Cuma dua perjalanan, yaitu ada MOTIS rute lintas selatan satu dengan relasi Jakarta Gudang-Kutoarjo, MOTIS rute lintas selatan dua dengan relasi Jakarta Gudang-Blitar, dan rute MOTIS lintas utara dengan relasi Jakarta Gudang- Suarabaya Pasarturi.

Selama proses pelaksanaan mulai dari arus mudik dan arus balik Alhamdulillah di Daop 5 Purwokerto berjalan selamat, aman, lancar dan terkendali, mengingat semua telah dibuat POSKO angkutan motis di stasiun-stasiun perhentian yang tujuanya adalah untuk memantau, mendata, menginventarisir dan mengevaluasi semua permasalahan-permasalahan yang ada sehingga segera untuk dilakukan penanganan, tidak ada yang melakukan pungutan-pungutan liar baik mulai pendaftaran hingga pengiriman sampai dengan pengambilan, di Daop 5 Purwokerto ini ada 7 stasiun perhentian ialah, Sidareja, Maos, Koya, Gombong, Kebumen, kutoarjo dan Purwokerto, adapun data selama 13 hari masa angkutan motis adalah sebagai berikut :

  • Stasiun Sidareja pada arus mudik menaikan motor sebanyak nihil & menurunkan motor sebanyak 100 mtor, pada arus balik menaikan motor sebanyak 82 & menurunkan motor sebanyak nihil.
  • Stasiun Maos pada arus mudik menaikan motor sebanyak nihil & menurunkan motor sebanyak 85 motor, pada arus balik menaikan motor sebanyak 73 motor & menurunkan motor sebanyak nihil.
  • Stasiun Kroya pada arus mudik menaikan motor sebanyak 4 motor & menurunkan motor sebanyak 32 7motor, pada arus balik menaikan motor sebanyak 287 motor & menurunkan motor sebanyak 3 motor.
  • Stasiun Gombong pada arus mudik menaikan motor sebanyak nihil & menurunkan motor sebanyak 417 motor pada arus balik menaikan motor sebanyak 381 & menurunkan motor sebanyak nihil.
  • Stasiun Kebumen pada arus mudik menaikan motor sebanyak nihil & menurunkan motor sebanyak 524 motor, pada arus balik menaikan motor sebanyak 470 motor & menurunkan motor sebanyak nihil.
  • Stasiun Kutoarjo pada arus mudik menaikan motor sebanyak 124 motor & menurunkan motor sebanyak 1.371 motor, pada arus balik menaikan motor sebanyak 1.243 motor & menurunkan motor sebanyak 106 motor.
  • Stasiun Purwokerto pada arus mudik menaikan motor sebanyak 5 motor & menurunkan motor sebanyak 176 motor, pada arus balik menaikan motor sebanyak 159 motor & menurunkan motor sebanyak nihil.

Dari data yang ada terpantau angkutan MOTIS di Daop 5 PWT secara akumulasi selama 13 hari, arus mudik maupun arus balik total sebanyak 5.945 motor, sedangkan data MOTIS pada tahun 2016 yaiu hanya 3.464 motor berarti ada kenaikan sekitar 71% ,
Angka tertinggi untuk realisasi pengangkutan MOTIS dari ke tuju Stasiun wilayah Daop 5, adalah Stasiun Kutoarjo dengan volume sekitar 2.844 motor.

Peningkatan volume MOTIS yang terjadi, disebabkan adanya penambahan frekuensi KA, dan para pemudik telah menyadari tentang keselamatan dalam berkendara, jika dilakukan dengan motor jarak tempuh sejauh itu sangat membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain, faktor kelelahan, yang akhirnya ngantuk dan berujung kecelakaan, harapan kami kedepan peminat peserta MOTIS bisa lebih meningkat lagi. (PR KAI Daop 5)


Kategori Siaran Pers
Sub Kategori Pengumuman