Familiarisasi Calon Awak Kapal KRI TARAKAN-905 di PT. DKB

Sesuai dengan kontrak perjanjian pembangunan Kapal BCM-2 yang telah diberi nama KRI Tarakan-905 antara PT. DKB dengan TNI-AL, maka salah satu kewajiban Galangan adalah memberikan pelatihan/ familiarisasi calon awak (Cawak) kapal yang bersangkutan, maka mulai tanggal 08 September 2014 selama 10 hari dilaksanakan familiarisasi/ pelatihan Cawak kapal KRI Tarakan-905 bertempat di Kantor Pusat PT. DKB. Dimana sesuai jadwal pelatihan maka pelatihan dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu pertama teori (IN CLASS) di Kantor Pusat PT. DKB dan yang kedua dalam bentuk praktek lapangan (ON BOARD) berada di atas Kapal KRI Tarakan-905 yang masih dalam proses penyelesaian akhir di Galangan-II PT. DKB. Jumlah peserta familiarisasi meliputi para calon awak kapal sebanyak 100 personil.

Familiarisasi Cawak KRI Tarakan-905 tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi SDM, Bapak Turseno Widodo sebagai Ketua Tim Familiarisasi didampingi oleh Wakil Ketua, Bapak Bambang Prasoma dan Bapak Betha Gunanto, GM Galangan-II sebagai Koordinator Lapangan. Dalam sambutannya Kadiv SDM mewakili Management DKB menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan partisipasi para Cawak KRI Tarakan-905 untuk mengikuti familiarisasi/ pelatihan ini. Diharapkan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menyerap materi yang disampaikan oleh para Instruktur. Dengan demikian diharapkan pula bahwa para Cawak nantinya dapat mengoperasikan kapal dengan sebaik-baiknya.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyampaian materi dalam bentuk teori di kelas yang disampaikan oleh para Instruktur dari tenaga-tenaga ahli PT. DKB. Adapun materi pelatihan dan berikut para Instrukturnya sebagai berikut:

Teori di Kelas (IN CLASS);

  1. General :  Bekti Permada.
  2. Machinery, Propulsion & Piping  : Bambang Prasoma, Mulyo Setiawan, Usman Achadi.
  3. RAS & Deck Machinery :  Untung Triatmodjo, HY Sugiyono.
  4. Electrical :  M. Ari, Dedi Kurnia.
  5. Komunikasi : PT. Bumiloka/Maker, M. Ari.
  6. Navigasi : PT. Bumiloka/ Maker, M. Ari.
  7. Safety System : Sri Puji Lestari, A. Dwi Hartanto.

Praktek di Kapal (ON BOARD);

  1. Main Engine, Propulsion & Piping : PT. Bumiloka/Maker, Eviral Ishar, Deni Alexander, Usman Achadi, Kusmadi.
  2. Electrical : M. Ari, Hermawan, Mulyadi, Bayu
  3. Navigasi & Komunikasi : PT. Bumiloka/ Maker, A.S Santoso.
  4. RAS System; Untung Triatmodjo, Eviral Ishar, PT. Bumiloka/Maker, Mulyo Setiawan.
  5. Deck Machinery : Deny Alexander, PT Hamson/Maker, Sutarno, Sunarto.
  6. Helideck : ANC Trading/ Maker, M. Hidayat.
  7. Cargo & Monitoring : Mulyadi, Mulyo Setiawan.
  8. Safety & FIFI System : PT. STX/Maker, Edy Suyono, Suryadi, Mulyadi

Kategori Berita