<!--:en-->Pengoperasian kembali Helling Dock JK - I &amp; Rehabilitasi Floating Dock JK - III di Galangan I - PT DKB <!--:-->

PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari (persero) saat ini memiliki fasilitas docking untuk pekerjaan perawatan dan perbaikan kapal dengan jumlah 27 unit dengan total kapasitas terpasang  54.350 TLC (ton lifting capacity) dimana rincian jenis fasilitas docking all : Floating dock 5 unit, Graving dock 7 unit ,Helling dock 6 unit , Ramp-way ship air-bags system 9 unit (60 bh ship air-bags). Di Galangan I Jakarta, saat ini memiliki total kapasitas terpasang 26.050 TLC dengan jenis fasilitas docking terdiri dari Helling dock adalah JAYAKERTA (JK) I (1.200 TLC), JK II (1.600 TLC) dan Floating dock adalah JK III (5.500 TLC), JK IV (12.000 TLC), JK V (3.500 TLC) dan JK VI (2.250 TLC), kondisi operasi saat ini secara keseluruhan telah mengalami penurunan dari kapasitas TLCnya  sebesar 84% sebagai akibat dari usia operasi. Secara bertahap Galangan I merencanakan sesuai program ditahun 2011 akan dioperasikan kembali JK I, dimana sejak tanggal 17 Maret 2009 tidak beroperasi  dan Rehabilitasi JK III sesuai RKAP tahun 2011 dalam upaya peningkatan perolehan Pendapatan tahun 2011. JK I sebagai salah satu fasilitas Helling dock 1.200 TLC tertua yang kita miliki yang dibangun sejak tahun 1892 dengan ukuran lebar 12,5 meter X panjang 70 meter dimana mampu menaikkan kapal cargo/tanker dengan ukuran s/d 700 DWT, tepatnya pada tanggal 20 Juni 2011 telah dioperasikan kembali dengan docking kapal perdananya yaitu KM.TAMARISKA bobot mati 628 DWT. Perbaikan JK I ini meliputi penggantian beberapa bagian konstruksi all pondasi dan rel dibawah air dengan panjang ±30 meter, pondasi dan landasan rol boyo-boyo panjang  ± 54 meter, perbaikan roda dan rol serta penggantian sling dan pengerukan dengan sistim caisson. JK III saat ini sedang dalam proses rehabilitasi dengan perubahan dimensi dan kapasitas disesuaikan dengan populasi perkembangan rasio design kapal yang makin gemuk dengan ukuran Panjang  91.6 meter X Lebar dalam 29 meter, sistim 4 pontoon ukuran 22 X 36 X 3,8 meter, kapasitas menjadi 5500 TLC. Saat ini dalam kondisi terapung 2 bagian pontoon dalam status proses penyambungan/erection diatas air, berikut dengan wing/side-wall di kade derek Bongkok 25 ton sedangkan  2 bagian pontoon lagi berikut dengan plat-form untuk di bagian ujung ke darat dan kelaut status sedang dalam proses fabrikasi yang berada di building berth I (side launching) dan building berth II (end launching/JK II), harapan pada awal bulan September 2011 dapat dioperasikan lagi.

Dengan besar harapan dan dukungan seluruh karyawan dalam upaya mengembalikan kapasitas Galangan I  Jakarta yang kontribusi secara korporasi lebih 50% dari pendapatan Harkan (Pemeliharaan dan Perbaikan) akan mampu bangkit kembali seperti sedia-kala, amin.... amin


Kategori Berita