Penyerahan Kapal Ferry Ro-RO KMP Kalibia

DKB Cabang Palembang kembali menoreh prestasi karena telah berhasil menyelesaikan dan menyerahkan 1 (satu) unit kapal Ferry Ro-Ro bernama KMP Kalibia, kapasitas 750 GT KMP. Kalabia merupakan Kapal Ferry pesanan Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI. KMP. KALABIA akan melayani operasi di Wahai–Fak Fak, Papua Barat.

Menurut Kacab PT. DKB Cabang Palembang, Bapak Mardjono yang ikut serta dalam pelayaran KMP. KALABIA dari Palembang menuju Sorong, bahwa KMP. KALABIA diresmikan dan diserahterimakan oleh Wakil Menteri Perhubungan Bapak Bambang Susantono kepada pihak ASDP pada hari Kamis tanggal 10 April 2014.

Dalam sambutannya pada saat peresmian dan serah terima tersebut, Bapak Bambang Susantono berharap “Semoga dapat memberi kemudahan dan aksesbilitas bagi masyarakat yang ada di Papua Barat dan Maluku untuk terhubung dengan wilayah barat dan tengah Indonesia melalui akses laut dan darat“.

 Dengan terhubungnya Fak fak dan Wahai, lengkap sudah jalur sabuk nusantara tengah yang membentang sepanjang 3800 km. Wakil Menteri Perhubungan menjelaskan, peresmian hari ini tak hanya tentang beroperasinya KMP. KALABIA, tapi juga tentang utuhnya sabuk nusantara tengah ini. "Perpaduan antara jalan dan fery ini disebut sistem sabuk nusantara karena sifatnya yang merekatkan berbagai pulau di Indonesia. Sabuk tengah melalui 12 provinsi bagian tengah kepulauan Indonesia,” jelas Bapak Bambang Susantono.

Setelah rampung sabuk nusantara jalur selatan beberapa tahun lalu dan jalur tengah pada saat ini, Kemenhub mengejar target untuk segera menghubungkan nusantara melalui jalur utara.
KMP. KALABIA berkapasitas sekitar 200 penumpang dan 30 kendaraan. Nama Kalabia sendiri diambil dari nama ikan yang paling banyak hidup disekitar Maluku dan Papua.

Adapun spesifikasi kapal Ferry Ro-ro 750 GT yang bernama KMP. KALABIA tersebut, adalah sebagai berikut:

Panjang Keseluruhan (LOA)         : 56,02 M
Lebar (B)                                   : 14,00 M
Tinggi Geladak (D)                     : 03,80 M
Tinggi Sarat (T)                          : 02,70 M

Klas                                          : BKI

 


Kategori Berita