PT Krakatau Daya Listrik

PT Krakatau Daya Listrik

PT Krakatau Daya Listrik (KDL), yang didirikan tanggal 28 Februari 1996, merupakan anak perusahaan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang membangkitkan listrik terutama untuk memenuhi kebutuhan PTKS dan industri di lingkungan Krakatau Industrial Estate Cilegon-Banten.

Fasilitas utama yang saat ini dimiliki PT KDL adalah pembangkit listrik tenaga uap dengan kapasitas terpasang sebesar 400 MW - terdiri dari 5 unit dengan kapasitas masing-masing 80 MW beserta jaringan transmisi (150 kV) dan distribusi (30 kV, 20 kV, 6 kV, 400 V) di lingkungan Krakatau Industrial Estate Cilegon. Untuk menjaga keandalan suplai listrik, PT KDL juga diinterkoneksi dengan jaringan listrik tegangan tinggi dari PLN melalui tegangan 150 kV.

Fasilitas pendukung berupa peralatan-peralatan system pembangkit maupun jaringan listrik yang tergolong lengkap dan kompleks juga dimiliki PT KDL guna menunjang operasi dan perawatan fasilitas utama. Dengan berbekal kemampuan SDM di bidang system tenaga listrik serta fasilitas pendukungnya, PT KDL memiliki visi untuk menjadi perusahaan listrik dan jasa kelistrikan yang unggul di Indonesia.

Saat ini penjualan tenaga listrik masih didominasi oleh PT Krakatau Steel dan Group. Strategi diversifikasi usaha dan pengembangan pasar diyakini dapat mendukung eksistensi PT KDL di masa mendatang, yang diwarnai oleh kondisi perekonomian yang telah meningkat serta deregulasi di sektor ketenagalistrikan ke arah retail system dan multiple sellers/multiple buyers.

Website: www.kdl.co.id