Pegadaian dianugrahi 4 penghargaan pada Indonesia Business News Award 2019

Jakarta, 7 November 2019 - PT Pegadaian (Persero) meraih capaian membanggakan dengan memperoleh empat penghargaan di Indonesia BusinessNews Awards 2019 (IBA 2019). Beberapa kategori yang dimenangkan oleh Pegadaian meliputi, The Best Innovation & Business Transformation in Financial Industry 2019, The Best Vision & Mission in Financial Industry 2019, The Best CEO in Financial Industry 2019 dan The Best Growth Strategy in Financial Industry 2019.

Penghargaan ini diterima oleh Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian, Teguh Wahyono dan diberikan oleh Menteri Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi, Bambang Brodjonegoro dan CEO Media Madani Utama Irnanda Laksanawan, kemarin, di Gedung BPPT II, Jakarta.

Penghargaan Indonesia BusinessNews Awards 2019 ini merupakan apresiasi terhadap keberhasilan Pegadaian sebagai BUMN dalam melakukan Business Transformation for Excellence Perfomance, dari mulai membenahi Sumber Daya Manusia (SDM), produk, layanan, proses bisnis dan budaya kerja.

 "Penghargaan yang diraih merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap kinerja perseroan selama ini. Sehingga menjadi pemicu agar Pegadaian terus melakukan inovasi-inovasi baru," ungkap Teguh.

Teguh menjelaskan ada dua inovasi yang dijalankan oleh Pegadaian, yaitu digitalisasi produk dan channel layanan. Inovasi produk yang dijalankan merupakan sistem layanan Pegadaian kepada nasabah, yaitu Gadai Tabungan Emas, Gadai on Demand, Gadai Efek (Saham & Obligasi), G-Cash, Gold Card, Digital Lending, Arrum Umroh, dan Rahn Tasjily Tanah.  Dari sisi channel, Pegadaian membuka saluran distribusi dengan sistem keagenan.

Tak hanya itu, penghargaan yang diraih oleh Pegadaian ini juga tidak lepas dari kinerja keuangan perseroan pada tahun 2018 lalu serta kolaborasi yang terus dilakukan oleh PT Pegadaian guna terus menjadikan Pegadaian sebagai salah satu BUMN yang dipercaya oleh masyarakat.

“Kedua inovasi ini terus dilakukan oleh perusahaan, sehingga menjadikan Pegadaian sebagai perusahaan yang menarik untuk nasabah maupun partner bisnis perusahaan," ujarnya.

Kinerja Hingga Triwulan III-2019

Teguh mengatakan perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini tumbuh double digit. Yang mana Kinerja Hingga Triwulan III -2019 Terlihat dari Outstanding Loan yang menunjukkan peningkatan sebesar 17%, total aset sebesar 14% , dan laba bersih sebesar 19 %. 

Kinerja September 2019, Aset Pegadaian tercatat mencapai Rp 59 triliun, pendapatan usaha mencapai Rp 9,8 triliun dan laba bersih Rp 2,35 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja Pegadaian selalu menunjukkan peningkatan.

Pada periode September 2019, bisnis Pegadaian yang direpresentasikan dari penyaluran uang pinjaman tumbuh 17,72 % dibandingkan periode sebelumnya (YoY). angka tersebut dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan industri pembiayaan pada periode yang sama, tumbuh sebesar 3,53 % dari Rp 435,72 triliun menjadi Rp 451,11 triliun. 

"Hal ini menunjukkan Pegadaian masih mampu tumbuh di atas rata-rata industri pembiayaan, walau persaingan bisnis saat ini semakin ketat saja," tambahnya.


Kategori Penghargaan
Sub Kategori Artikel,Berita,Direksi,Kinerja,Pengumuman,Publikasi,Siaran Pers