Menjawab Tantangan Era Digital, Pelindo 1 Luncurkan Aplikasi Customer Relatio

Medan, 20 Mei 2020. Menjawab tantangan di era digital, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang digunakan untuk manajemen hubungan pelanggan Pelindo 1.

CRM merupakan sebuah metode dalam mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai aktivitas yang berbeda untuk meningkatkan hubungan dan keterikatan dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

“Mengingat dinamika industri dan pergeseran penting ke arah pengaturan yang berpusat pada pelanggan, kebutuhan akan manajeman hubungan pelanggan menjadi lebih penting, di mana terdapat proses yang melibatkan analisis dan evaluasi semua interaksi dengan pelanggan,” terang Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Syahputera Sembiring.  

Layanan CRM yang diluncurkan Pelindo 1 berbasis portal yang bisa diakses melalui https://portals.pelindo1.co.id yang di dalamnya terdapat pilihan berbagai channel yang bisa digunakan. Selain itu, pelanggan juga bisa menggunakan layanan Call Center dengan Hot Line Number 1500 – 778 yang akan dilayani dengan Nona CERI atau Customer Care Pelindo 1. Layanan Call Center ini merupakan suatu sistem informasi terpusat yang terintegrasi dengan aplikasi CRM Pelindo 1 untuk menggali informasi dan menjawab kebutuhan pelanggan sehingga dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk meningkatkan layanan perusahaan bagi seluruh pelanggan Pelindo 1. Layanan call centre menawarkan real time interactions yang memungkinkan pelanggan mudah berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dengan perwakilan perusahaan dari perangkat mobile yang digunakan dengan memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Aplikasi CRM ini memudahkan kami dalam melakukan aktivitas marketing dan melakukan sosialisasi mengenai pelayanan jasa yang ditawarkan kepada para pengguna jasa, membangun hubungan dengan pelanggan, serta melakukan proses penanganan keluhan, klaim, maupun informasi dari pelanggan. Aplikasi ini merupakan salah satu wujud modernisasi sistem layanan Pelindo 1 untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kepada pengguna jasa,” jelas Syahputera Sembiring.

Dengan penerapan aplikasi CRM ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat proses komunikasi perusahaan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kegiatan pemasaran, serta memaksimalkan nilai data pelanggan.

Syahputera Sembiring menambahkan bahwa Pelindo 1 telah melakukan kegiatan sosialisasi dan end user training aplikasi CRM sejak akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 di berbagai wilayah kerja yang meliputi: Medan, Pekanbaru, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Batam, dan Aceh. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan penggunaan aplikasi CRM serta dirangkai dengan pemberian apresiasi kepada pengguna jasa di cabang-cabang pelabuhan yang dikelola oleh pelindo 1.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 15 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 5 (lima) Anak Perusahaan, yaitu PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo 1 mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional
Pelindo 1, Indonesia Gateway.


Sumber : https://pressrelease.kontan.co.id/release/menjawab-tantangan-era-digital-pelindo-1-luncurkan-aplikasi-customer-relationship-management-crm


Kategori Berita