Hari Pelanggan Nasional Dirut TPS Layani Pelanggan

Surabaya (6/09)- Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas), dirayakan di berbagai instansi  di Kota Surabaya. Yon Irawan, Direktur Utama PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dan Nur Syamsiah Direktur Keuangan TPS terjun langsung melayani pelanggan di bagian document service untuk mencetak Container & Equipment Interchange Receipt (CEIR) sebagai salah satu syarat untuk mengeluarkan petikemas yang telah dinyatakan selesai oleh instansi terkait dokumen.

Tidak hanya di bagian pelayanan dokumen, Yon dan Nur juga duduk sebagai petugas pelayanan pelanggan. Beberapa pelanggan yang datang menanyakan status kontainernya serta beberapa pelanggan juga ada yang menanyakan proses bongkar muat petikemas di TPS. Semua pertanyaan dapat dijawab dengan lancar karena Yon mengaku memulai karir dari bawah mulai dari pelayanan dokumen di Cabang Pelabuhan Sampit, salah satu pelabuhan dibawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) / Pelindo III.

Beberapa pelanggan yang mendapatkan kesempatan dilayani oleh Direktur TPS mengaku senang karena dilayani oleh pucuk pimpinan TPS serta diberi souvenir sebagai ucapan terima kasih telah menjadi pelanggan TPS. Tampak juga saat Yon dan Nur melayani pelanggannya sesekali mengajak berbincang untuk meningkatkan kedekatan dengan pelanggan.

“Merupakan kesempatan yang baik bagi saya agar bisa lebih dekat dengan pelanggan TPS khususnya para Petugas Pengurus Jasa Kepabeanan (PPJK) dimana setiap hari datang ke ruangan ini untuk mencetak CEIR agar petikemas mereka dapat keluar,” ujar Yon di sela-sela melayani pelanggan TPS.

Pada kesempatan yang sama, Yon juga mengatakan kepada beberapa pelanggan bahwa saat ini TPS berusaha untuk berinovasi. Kedepannya forwarding/EMKL dapat mencetak CEIR secara online, jadi nanti sopir truk yang akan mengambil dan mengirim petikemas hanya menunjukkan surat elektronik yang berisi barcode sebagai verifikasi agar dapat mengambil ataupun mengirim petikemas yang ada di TPS. “Kami bersama-sama tim masih mencoba beberapa inovasi baru dan harapan kami transaksi dimasa mendatang paperless yang berujung pada efisiensi,” imbuh Yon.

Yon bersama Nur tampak menikmati selama melayani pelanggan dan kegiatan tersebut diakhiri dengan suasana santai menikmati kudapan, teh, dan kopi  bersama para pelanggan yang telah disediakan di ruang pelayanan dokumen dan pelayanan pelanggan gedung TPS.

Perlu diketahui sejak tanggal 1 Desember 2016, TPS memberikan layanan pengurusan dokumen dan pelayanan pelanggan selama 24 jam 7 hari dalam seminggu, terobosan layanan tersebut merupakan komitmen nyata dari PT TPS dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. (Manyar)


Kategori Berita