Kapal Perang US Marine Sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi

Banyuwangi (6/09) - Kapal perang dari negara Amerika Serikat, USNS Milinocket bersandar mulus di Area ISPS Code Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi, Rabu (6/9). Tibanya kapal tersebut merupakan salah satu bentuk hubungan diplomatic antara Indonesia dengan Amerika Serikat, melalui latihan kemiliteran Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) yang dilaksanakan oleh US Marine dengan TNI Angkatan Laut.

Daddy Sumartono Manager SDM, Umum dan Kesisteman Pelindo III Cabang Tanjung Wangi menjelaskan bahwa Pelindo III berupaya memberikan pelayanan dan pengamanan terbaik terhadap tamu Negara tersebut. “Pelabuhan Tanjung Wangi telah menyediakan Area ISPS Code (International Ship and Port Facility Security Code) yang merupakan area terbatas diperuntukkan untuk lokasi bersandar kapal asing,” papar Daddy.

Sebelumnya pada bulan Juli 2017 delegasi dari Kantor Kedubes Amerika telah datang ke Tanjung Wangi untuk melakukan survei lokasi, delegasi tersebut memeriksa seluruh kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh Pelabuhan Tanjung Wangi. “Fasilitas-fasilitas yang mereka minta pada saat survei telah kami penuhi,” imbuh Daddy.

USNS Millinocket merupakan salah satu kapal support yang dimiliki oleh US Marine jenis Spearhead-class expeditionary fast transport (Ekspedisi Transportasi Cepat). Kapal ini memiliki panjang 103 meter, lebar 28,5 meter, draft 3,8 meter, dan berat kapal 2.400 ton.

Kedatangan USNS Milinocket di Pelabuhan Tanjung Wangi disambut langsung oleh Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Nazarudin yang didampingi oleh Manager SDM, Umum dan Kesisteman Pelindo III Tanjung Wangi, Daddy Sumartono.

“Komandan kapal Captain (N) Erwin F. Lao menyampaikan pujiannya saat mendapatkan rangkaian bunga penyambutan serta Lantunan Tari dan music tradisional Banyuwangi “Nice place”,” ungkap Erwin.

Yoga Sanggar, Manager Operasi PT Pasundan Jaya Jakarta, Agen kapal USNS Milinocket yang mendapat penunjukan dari TNI Angkatan Laut  mengungkapkan bahwa ini kali pertama dirinya menjadi agen kapal di Pelindo III Tanjung Wangi. Saat ditanya pengalamannya tersebut, dia mengungkapkan bahwa telah mendapat kemudahan transaksi di Pelabuhan Tanjung Wangi. “Pelindo III Tanjung Wangi sudah menerapkan aplikasi online untuk proses pengajuan sandar kapal dan pembayaran, sehingga kami tidak perlu bolak balik ke Kantor Pelindo III di Tanjung Wangi Banyuwangi,” pungkasnya. (Manyar)


Kategori Berita