Camping di Kampung Cai Rancaupas

PIKIRAN-RAKYAT (3/12/2016) | Rancaupas menjadi salah satu tempat camping yang tengah digandrungi penikmat alam. Berwisata di alam terbuka kini sedang naik daun. Jenuh dengan mall dan berbagai kegiatan di dalam ruangan, kini semakin banyak orang yang ingin kembali beraktivitas di alam terbuka. Rancaupas menjadi pilihan terbaik lantaran keindahan alamnya dan relatif tak bikin kantong jebol.

Kampung Cai Rancaupas berada merupakan salah satu obyek wisata milik Perhutani yang tergabung dalam Kesatuan Bisnis Mandiri dan Jasa Lingkungan Wilayah (KBM WIJAS) I bersama-sama dengan Kawah Putih dan kolam air panas Cimanggu. Lokasinya di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11. Jaraknya sekitra 50 km dari pusat Kota Bandung. Jika tak macet, hanya perlu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke lokasi ini. Aksesnya sudah baik dengan jalan beraspal, sehingga bisa menggunakan kendaraan beroda empat.

Di Rancaupas, pengunjung bisa berkemah di area yang sudah disediakan. Luasnya mencapai 78 hektare, tapi baru separu yang sudah digunakan optimal.

Anda bisa membawa sendiri perlengkapan berkemah. Tak perlu khawatir jika tak memilikinya. Pengelola menyediakan persewaan tenda dengan harga yang beragam. Tenda kapasitas 2-3 orang disewakan seharga Rp 150.000 per tenda. Sementara untuk kapasitas 4-5 orang bisa dipinjam dengan harga Rp 200.000 pertenda, sedangkan tenda besar yang cukup untuk 6-8 orang bisa disewa seharga Rp 350.000 per tenda.

Selain sebagai bumi perkemahan, Rancaupas juga menjadi tempat penangkaran rusa. Saat ini terdapat sekitar 25 ekor rusa. Keberadaan rusa ini menjadi daya tarik pula bagi wisatawan, selain water park dan jelajah hutan.

Menurut Site Manajer Kampung Cai Rancaupas Aji Sulaiman, tingkat kunjungan di obyek wisata ini meningkat hingga 10 persen. Pada akhr pekan biasa, jumlah pengunjung bisa mencapai 1.500 orang. Jumlah itu diperkirakan meningkat sedikitnya dua kali lipat pada libur tahun baru.

“Kalau menginap di hotel di kota sudah banyak. Makanya masih banyak orang yang berkemah di sini,” katanya.

Tak perlu biaya mahal untuk berkemah di Rancaupas. Cukup membayar tiket masuk Rp 10.000 dan biaya camping Rp 10.000 per orang.

Rancaupas bisa ditempuh dengan transportasi umum dari Terminal Leuwipanjang Bandung. Angkutan L300 jurusan Bandung-Ciwidey. Jika tidak menemukan angkutan ini, Anda bisa menggunakan angkutan kota jurusan Soreang baru berganti jurusan Ciwidey.

Agar wisata alam ini lestari dan bisa dinikmati oleh generasi mendatang, jangan lupa turut menjaga kebersihan tempat ini. Selamat tamasya!***

 

Sumber : pikiran-rakyat.com

Tanggal : 3 Desember 2016


Kategori Berita