Sakura di Taman Sakura Lawu Mulai Kuncup Bunga

Beberapa pohon sakura di Taman Sakura yang berada di Lereng Gunung Lawu, Cemoro Kandang, Karanganyar mulai memunculkan kuncup-kuncup bunga berwarna merah muda.

Kepala Perhutani Kesatuan Pemangkuan HUtan (KPH) Surakarta, Eka Muhammad menjelaskan bunga yang mekar memang belum banyak. Masih perlu penglihatan yang seksama untuk menemukan bunga itu. Dari 63 pohon, baru dua diantaranya yang telah menghasilkan bunga.

Meski demikian, mekarnya beberapa bunga sakura itu dianggap telah menunjukkan progress yang positif. "Mudah-mudahan Januari besok bisa mulai banyak yang mekar," ujarnya.

Taman Wisata Sakura Lawu (Sakral) merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial korporat (CSR) bertajuk Toyota Forest dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, produsen mobil Toyota di Indonesia yang dibangun pada kawasan hutan Perhutani dengan luas 1,2 hektare dari rencana lima ha dalam lima tahun ke depan.

Untuk mempersiapkan pohon sakura yang ditanam tersebut mereka terlebih dahulu melakukan riset bekerja sama dengan Perum Perhutani, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Sebelas Maret, serta Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Jenis Sakura yang ditanam di sini sama dengan yang berada di Kebun Raya Cibodas," kata Eka. Jenis Prunus cerasoides itu memiliki dua musim berbunga, yaitu Juli-Agustus dan Januari-Februari.

Jenis Sakura ini memang berbeda dengan Sakura yang tumbuh di Jepang, namun bentuk pohon dan bunganya sama karena memang memiliki genus yang sama," tambahnya.

Sumber: Tempo.co


Kategori Artikel