Pertamina Kembali Gelar Liga U-16

JAKARTA
-
Bertepatan dengan perayaan ulang ta­hun ke-2 Pertamina Soccer School yang jatuh pada 15 September, Pertamina kembali me-launching   kom­petisi Liga Pertamina U-16 sebagai kontribusi pembinaan sepakbola usia muda di Indonesia.

“Pertamina ingin ber­sungguh-sungguh mem­berikan sumbangsih pemain-pemain nasional kelak di ke­mudian hari melalui pen­didikan. Pertamina tidak mem­bentuk klub sepakbola, tetapi memilih mendirikan sekolah sepakbola.”

Demikian dikatakan oleh Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina saat konferensi pers   pada Sabtu (20/9) di Kelapa Gading. Hadir pula berbicara dalam konferensi pers itu adalah Di­rektur Pertamina Soccer School Hadi Ramadani, pe­latih PSS Mauro Ardizzone dan Manajer Liga U-16 Ade Mulyadi.

“Ketika kami, Pertamina Foundation menjadi lem­baga yang menaungi Pertamina Soccer School, saat itu kami mengusulkan bukan hanya sekolah sepakbola saja, tetapi sekaligus juga disertai Liga Pertamina. Kalau kita punya sekolah sepakbola, tanpa mempunyai liga, itu seperti seorang penari   yang tidak punya panggung untuk menari,“ lanjut Nina.

Menurut Nina, liga ter­nyata memberikan dampak yang sangat positif bukan hanya kepada Pertamina Soccer School. “Walaupun Pertamina Soccer School ha­nya 24 anak, tetapi kami ingin menginspirasi dan melatih ratusan anak di seluruh wi­layah Jabodetabek kalau perlu di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara Manajer Liga U-16 Ade Mulyadi mengatakan tahun ini meru­pakan tahun kedua kompetisi Liga U-16 digelar. Kompetisi akan diikuti 16 klub sepakbola di wilayah Jabodetabek, dengan setiap klub diperkuat maksimal 25 pemain. Ke-16 klub tersebut terdiri dari 11 klub lama yang bertahan dan 5 klub hasil play off. Sebagai catatan, tahun lalu kompetisi diikuti 14 klub. Pemain yang boleh ikut adalah pemain kelahiran tahun 1998-1999 dan harus memegang surat rekomendasi dari Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI setempat.

Pertandingan perdana dimulai pada Minggu (21/9) dan akan berakhir pada April 2015. Artinya akan ada 30 pekan pertandingan. Setiap pekan akan ada 8 pertandingan, sehingga total pertandingan 240 laga sampai selesai. Karena masih kompetisi usia muda, maka waktu pertandingan adalah 2 x 35 menit di atas lapangan 90 x 60 meter.

Sebelum konferensi pers, para pelatih dari ke-16 klub melakukan pertemuan teknis membahas teknis kompetisi.•URIP


Kategori Event Pertamina