Hampir 2.000 Ton, Pertamina Pasok Avtur Penerbangan Haji

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan menyiapkan 1.915 Kiloliter (KL) avtur untuk memenuhi penerbangan perjalanan ibadah haji 2019. Jumlah itu naik signifikan dibandingkan kuota yang disiapkan tahun sebelumnya.

Merujuk data yang disampaikan Region Communication & CSR Kalimantan, Heppy Wulansari, ada peningkatan sebanyak 10 persen.

“Pada fase keberangkatan atau fase I yang berlangsung dari 20 Juli 2019 sampai 4 Agustus 2019, konsumsi avtur diprediksi 487 KL. Sedangkan untuk fase kepulangan atau fase II dari 30 Agustus 2019 sampai 15 September 2019, kami perkirakan konsumsi avtur sebanyak 1.430 KL,” kata Heppy.

Menurutnya, meski ada peningkatan pasokan avtur, jumlah kelompok terbang (kloter) yang dilayani masih sama, seperti penerbangan haji tahun lalu. Penambahan kuota avtur tersebut dilakukan semata-mata demi memperlancar ibadah para calon jemaah haji.

“Sehingga pelaksanaan ibadah dapat berjalan lancar dan nyaman,” imbuh Heppy.

Pertamina telah menyiapkan sarana dan fasilitas dari Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU). Sebanyak 7 refueller, 3 storage tank berkapasitas 500 KL, dan puluhan pekerja yang akan standby 24 jam.

Penerbangan haji untuk wilayah Kalimantan terdapat di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan Bandar Udara Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan mengantarkan jamaah calon haji embarkasi Balikpapan ke Medinah dan Jeddah melalui Minangkabau dan Soekarno-Hatta. (K/ferry cahyanti/dah)

https://diswaykaltim.com/2019/07/09/hampir-2-000-ton-pertamina-pasok-avtur-penerbangan-haji/

 


Kategori Prestasi
Sub Kategori Berita