Ratusan nelayan Mempawah dan Singkawang peroleh bantuan konversi elpiji

Mempawah (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 306 nelayan terdiri 214 nelayan kecil di Kabupaten Mempawah, dan 92 nelayan Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, memperoleh bantuan paket konversi dari BBM ke elpiji dalam meningkatkan pendapatan menangkap ikan di laut.

Branch Manager Marketing Pertamina MOR VI Kalbarteng, Teuku Johan Miftah di Mempawah, Jumat, mengatakan, program ini adalah program ?Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Pertamina dan pemerintah daerah setempat yang mulai laksanakan konversi dari sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak menjadi bahan bakar elpiji.

"Adanya program konversi elpiji bisa menghemat biaya operasional sejalan pelaksanaan program di Pulau Kalimantan sejak September 2018," katanya.

?Untuk di Kalbar secara simbolis diserahterimanya konverter kit tahap pertama dilaksanakan di Oangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kuala Mempawah hari ini yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian ESDM dan Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan dan melibatkan 214 nelayan penerima manfaat dari wilayah PPI Kuala Mempawah, dan TPI Sungai Nipah, dan sebanyak 92 paket konverter kit bagi nelayan di Kota Singkawang.

 Ia jelaskan dukungan Pertamina terhadap program ini adalah terkait penugasan yang diberikan pemerintah yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 294 K/10/MEM/2018.

Selain itu, menurut dia, program ini juga menjadi wujud komitmen Pertamina dalam mendukung upaya pemerintah untuk semakin mensejahterakan kehidupan nelayan kecil dan mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat Indonesia.

"Dengan menggunakan bahan bakar elpiji, nelayan bisa menghemat biaya operasional hingga Rp50 ribu per harinya. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi nelayan kecil, apalagi penggunaan elpiji sebagai bahan bakar dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi gas dari penggunaan BBM," kata Johan.

Lebih lanjut dijelaskan sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil, kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

Pembagian paket perdana konverter kit BBM ke elpiji terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, baling-baling, dua buah tabung elpiji tiga kilogram dan aksesoris pendukung lainnya.
 

https://kalbar.antaranews.com/berita/366310/ratusan-nelayan-mempawah-dan-singkawang-peroleh-bantuan-konversi-elpiji

 


Kategori Publikasi
Sub Kategori Berita