WUJUD BUMN HADIR UNTUK NEGERI, PINDAD AJAK SISWA MENGENAL NUSANTARA

PT Pindad (Persero) turut mendukung program Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Republik Indonesia (RI) dalam melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019.  Program SMN tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.
 
Bersama dua perusahaan lainnya yaitu PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai PIC program, Pindad mendapatkan mandat untuk mengirimkan 23 pelajar SMA sederajat terpilih dari 7 Kabupaten dan 3 Kota yang berada di Propinsi Kalimantan Timur untuk mengikuti Program Mengenal Propinsi Jawa Barat. Tiga dari peserta tersebut merupakan siswa difabel dan didampingi oleh 2 Perwakilan Guru Teladan, 1 Guru Pendamping Difable dan 1 Perwakilan Dinas Pendidikan. Sementara siswa-siswi yang berasal dari Jawa Barat akan berada di Kaltim untuk mengikuti beberapa kegiatan yang serupa. 
 
Dimulainya program SMN tersebut ditandai dengan acara gala dinner pelepasan dan penerimaan SMN 2019 Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Jawa Barat di Balik Papan, Rabu (14/08/2019). Pertukaran pelajar tersebut berlangsung selama 7 hari dari tanggal 15 - 21 Agustus 2019 dengan kegiatan utama penanaman mangrove dan pengelolaan sampah.
 
Selama berlangsungnya kegiatan di Kalimantan Timur, para pelajar termasuk pelajar difabel dari Jawa Barat akan dididik untuk menjadi pelajar yang lebih peduli terhadap lingkungan melalui rangkaian kegiatan penanaman mangrove, pengurangan sampah plastik, kegiatan bersih-bersih lingkungan, serta awareness terhadap energi.
 
Selain kegiatan peduli terhadap lingkungan, para pelajar mengunjungi kantor BUMN yang berada di Kalimantan Timur, mengikuti Bela Negara bersama TNI selama 2 hari, dan mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) Samarinda. Tak hanya itu peserta juga akan mengikuti Pemaparan Psikologi Remaja, Kunjungan Mitra BUMN, Kunjungan Sekolah Unggulan, Pelajaran Kesenian, dan lain- lain. (Bani)

Kategori Berita
Sub Kategori Artikel