PNM Hadir di Craftindo Solo 2015

Solo, 05 Juni 2015,PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM gencar mempromosikan keunggulan produk ULaMM dan UMK binaan hingga pelosok tanah air melaui aktifitas above the line dan below the line seperti yang dilaksanakan oleh cabang Solo dengan mengikuti Craftindo Solo 2015. Acara ini sendiri diadakan di The Park Mall dan berlangsung dari tanggal 05 – 08 Juni 2015.

Perseroan tak hanya memperkenalkan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) sebagai agen utama pelayanan UMK di daerah tetapi juga memfasilitasi sejumlah nasabah binaan untuk memamerkan dan memasarkan beragam produknya kepada masyarakat kota Solo.

Executive Vice President PNM Arief Mulyadi, menjelaskan pameran produk UMK ini bertujuan untuk mendekatkan produk-produk UMK dengan masyarakat, serta memfasilitasi komunikasi dan kerjasama dagang antarnasabah ULaMM.

“PNM selalu menerapkan nilai-nilai modal spiritual kepada debitur dalam berbisnis agar tetap menjunjung tinggi etika bisnis dan nilai-nilai budi pekerti yang luhur agar dapat memuaskan dalam pelayanan. Pameran ini juga membuka peluang terciptanya kerjasama bisnis dan kelembagaan, tak hanya ULaMM dan nasabahnya ataupun PNM dengan instansi lain, tetapi juga antar pelaku UMK,” jelasnya.

PNM, lanjut Arief, secara aktif dan konsisten melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMK di seluruh jaringan layanan ULaMM, dengan memberikan pembekalan ilmu pemasaran, keterampilan berusaha, serta sikap optimistis dalam membangun bisnis ke depan. Program pembiayaan dan pelatihan menjadi satu paket yang disediakan oleh perseroan bagi pengembangan dan peningkatan UMK tanah air.

“Kami juga berharap melalui kegiatan semacam ini bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk unggulan Indonesia dengan cara memiliki dan menggunakan produk dalam negeri. Ada banyak sekali hasil usaha masyarakat mikro yang unik dan menarik, disini PNM hadir sebagai mitra binaan untuk mempromosikan hasil usahanya,” tuturnya.

Pemimpin PNM Cabang Solo Haryono, mengatakan pameranUMK dan promosi perseroan semacam ini sangat berguna untuk membangkitkan semangat wirausaha masyarakat Indonesia. Partisipasi ini pula sebagai salah satu wujud nyata PNM untuk memperkenalkan bisnis perusahaan yang menyokong usaha mikro dan kecil untuk terus berkembang dan berkontribusi nyata bagi perekonomian daerah.

“Ini merupakan partisipasi kami yang kedua pada acara ini. Kami senang dengan antusiasme tahun lalu dimana masyarakat kota Solo semakin mengenal keanekaragaman hasil usaha mikro dan kecil disamping pula mereka semakin mengenal ULaMM sebagai mitra UMK. Tidak hanya pameran hasil produksi mitra binaan, kami juga membuka stand konsultasi bagi pengusaha mikro tentang pembiayaan, pembinaan, dan program-program dari PNM. Untuk tahun ini kami tampilkan hasil usaha nasabah binaan seperti batik, kerajinan kulit, kerajinan sangkar burung, dan kerajinan tenun lurik,” jelasnya.

Haryono menambahkan, aktifitas ini salah satu strategi perseroan untuk menggenjot hasil usaha mikro. Selama bulan Juni ini cabang Solo telah membuat agenda untuk terus menggenjot eksistensi masyarakat usaha mikro. “Salah satunya yang akan kami laksanakan pertengahan bulan ini, akan ada 400 pengusaha mikro berkumpul dalam acara PNM cabang Solo,” tambahnya memberikan keterangan.

PNM Cabang Solo saat ini membawahi 24 kantor ULaMM, yang dibantu kendali melalui 4 kantor klaster, yakni klaster Klaten, klaster Solo, klaster Sragen dan klaster Sukoharjo. Cabang Solo berhasil mencatatkan peningkatan total pembiayaan outstanding sebesar 24% dari periode Mei 2014 sebesar Rp 149,3 miliar naik menjadi Rp 185,2 miliar periode Mei 2015. Peningkatan pun terjadi di jumlah nasabah naik dari 2.850 nasabah pada Mei 2014 menjadi 3.275 nasabah periode yang sama tahun 2015.

 

***

Tentang PNM

 

PT.Permodalan Nasional Madani (Persero), sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

 

Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PNM dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan.

 

 

 

Visit our fanpage: PT PNM (Persero) - ULaMM 

  Follow our Twitter: @ULaMMPNM


Kategori Siaran Pers