Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM)

ULaMM Datang, Modal Gampang
Ada kata populer yang menjadi buah bibir dalam setiap pembicaraan di bidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Sesuatu itu diyakini sebagai pelaku ekonomi yang tahan banting dan mampu survive menghadapi krisis ekonomi. Itulah UMKMK (Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi), yang pada tahun 2004 memberikan kontribusi senilai Rp 1,786 triliun atau sekitar 57% terhadap total PDB nasional.

Banyak peluang dan potensi. Banyak dibahas dan diperbincangkan. Namun bagaimana cara merealisasikan peluang dan potensi tersebut di tengah masyarakat?

Langkah terobosan
Pada bulan Agustus 2008, PNM telah meluncurkan program pembiayaan langsung yang disebut ULaMM, atau “Unit Layanan Modal Mikro”. ULaMM merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. ULaMM merupakan model atau terobosan baru bagi PNM karena penyaluran pembiayaannya dilakukan secara langsung baik kepada perorangan atau pinjaman untuk Badan Usaha (PT, CV, Firma, dll).

One Stop Shopping
Sebagai pilot project pada pertengahan tahun 2008 telah didirikan di 12 wilayah di DKI dan Jawa Barat, ULaMM menjadi gerai layanan di bawah satu atap atau “One Stop Shopping” bagi para pengusaha mikro dan kecil, yang dilengkapi dengan berbagai dukungan teknis bagi peminjam. Tujuannya adalah membantu usaha mikro dan kecil agar terus berkembang sekaligus mempercepat kemajuan usahanya. Dukungan tersebut meliputi pemberian konsultasi, pelatihan, pendampingan maupun pengelolaan keuangan dan akses pasar.

Keuntungan bagi Nasabah
ULaMM memberikan keuntungan yang nyata bagi para pengusaha mikro, karena syaratnya yang jelas dan mudah. Angsuran pun gampang, karena disesuaikan dengan kemampuan bayar dan hasil usahanya, mulai dari harian, mingguan, sampai bulanan. Sedangkan tingkat bunganya bisa diperbandingkan. Yang jelas, ULaMM memang khusus dirancang untuk meningkatkan gairah usaha dan kesejahteraan masyarakat.

Pak Mamat, Pengusaha Berbagai Jenis Bola Sepak dan Volley jahit di Cicantayan Sukabumi: “Alhamdulillah berkat pinjaman modal ULaMM dari PNM, produksi usaha Bola Sepak dan Bola Volley saya bisa berkembang lebih cepat”.

Pak Ahmad, peternak unggas di Surabaya:
“Terima kasih PNM. Sekarang saya dapat mempercepat perluasan usaha peternakan saya dengan pinjaman modal ULaMM”.

Penciptaan Lapangan Kerja dan Perluasan Manfaat Perseroan
Melalui pinjaman modal usaha produktif ULaMM menargetkan pencapaian penyaluran pinjaman setiap tahunnya lebih dari Rp 1 triliun dan terus meningkat dalam lima tahun mendatang. Dengan menggunakan pendekatan klaster sektor usaha dalam membiayai UMK, sasaran ULaMM mencakup antara lain klaster makanan tradisional, perajin tas, sepatu dan aksesori, perajin logam hingga klaster peternak unggas.

Dengan asumsi setiap usaha peminjam merekrut tiga orang, maka ULaMM ditargetkan mampu menciptakan lapangan kerja bagi 1,2 juta orang dan penerima manfaat sebanyak lima juta orang.

Keunggulan ULaMM:

  • Syarat pembiayaan mudah & tidak berbelit-belit;
  • Angsuran ringan, disesuaikan kemampuan bayar dan hasil usaha;
  • Suku bunga bersaing;
  • Jaringan ULaMM yang tersebar luas di Indonesia;
  • Jangka waktu pembiayaan sampai dengan 4 tahun (tergantung plafon pembiayaan);
  • Maksimal pembiayaan hingga Rp 200 juta;
  • Layanan yang ramah dan professional;
  • Tersedia layanan pengambilan angsuran di tempat.

Kategori Produk & Layanan