Kementerian BUMN Bagikan 34.000 Alquran Serentak di Seluruh Indonesia

Ahad, 26 Mei 2019 - 13:41:24 WIB

Kabid Monitoring dan Evaluasi TJSL Kementerian BUMN, Sandra Firmania menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 1.000 Alquran kepada perwakilan dari Ponpes Kanzul Ulum, Panti Asuhan Batu Gadang, dan Panti Asuhan Al-Hidayah, Jumat (24/5).

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru saja memecahkan rekor MURI dengan membagikan 34.000 Alquran secara serentak di 34 provinsi, Jumat (24/5). Artinya, tiap-tiap provinsi mendapat jatah 1.000 Alquran, termasuk salah satunya, Sumatera Barat.

Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, Sandra Firmania, usai membagikan 1.000 Alquran di halaman kantor PT KAI (Persero) Divre II Sumbar mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) yang rutin diselenggarakan setiap tahun.

"Salah satu rangkaian acara BHUN yang kami gelar tahun ini adalah Safari Ramadan yang terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pemberian bantuan kepada ponpes dan panti asuhan, pasar murah, serta pembagian 1.000 Alquran serentak di seluruh provinsi," katanya.

Pembagian Alquran ini sendiri, ucap Sandra, baru tahun diadakan, dan kegiatan tersebut langsung memecahkan rekor MURI dengan judul "Pembagian Alquran Terbanyak Serentak di Seluruh Indonesia".

"Ada tiga ponpes dan panti asuhan yang menerima pembagian Alquran ini. Ketiganya adalah Ponpes Kanzul Ulum, Panti Asuhan Batu Gadang, dan Panti Asuhan Al-Hidayah," ujarnya.

Di samping Alquran, dalam kesempatan tersebut, tiga BUMN yang ditunjuk sebagai PIC Wilayah Sumatera Barat juga memberikan bantuan lain berupa beasiswa, elektrifikasi, MCK, serta bedah rumah. Sandra menyebut, total bantuan yang diterima Sumbar tahun ini lewat Program BHUN mencapai Rp 3,8 miliar.

"Puncaknya nanti saat HUT RI ke-74, di mana rangkaian acaranya berupa iven gerak jalan dan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN)," ucapnya.

Lebih lanjut, Sandra menuturkan, ada sebanyak 149 perusahaan, yang terdiri dari BUMN dan eks-BUMN yang telah berganti status menjadi anak perusahaan, yang terlibat dalam program ini. Sementara untuk pengaturan kepanitian, ujar Sandra, selalu berganti setiap tahun.

"Kalau untuk kegiatannya, secara umum bisa dikatakan selalu sama setiap tahun. Hanya saja mungkin ada sedikit pergeseran fokus. Boleh jadi pada tahun lalu fokusnya pada bedah rumah veteran, tetapi pada tahun ini fokusnya mungkin ada pada pembagian 34.000 Alquran," tuturnya.

Reporter: Dani

Editor: HSP

 

Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/74389/kementerian-bumn-bagikan-34000-alquran-serentak-di-seluruh-indonesia


Kategori Berita