Safari Ramadan di Ponpes Kanzul Ulum, BUMN Serahkan 1.000 Paket Sembako

Jumat, 24 Mei 2019 - 23:42:11 WIB

Para santri Ponpes Kanzul Ulum saat acara Safari Ramadan BUMN Hadir Untuk Negeri, Kamis (23/5). DANI

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Melalui Program BUMN Hadir untuk Negeri, PT KAI (Persero) Divre II Sumbar bekerjasama dengan PT PPA (Persero) dan PT Semen Padang menggelar Safari Ramadan bertajuk "BUMN Berbagi Berkah Ramadan Bersama Anak Yatim dan Dhuafa" di Podok Pesantren Kanzul Ulum, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Kamis (23/5) sore.

"Kegiatan Safari Ramadan ini sendiri merupakan saru sebelas rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri, di mana untuk tahun ini yang menjadi PIC di Wilayah Sumatera Barat adalah PT KAI, PT PPA, serta PT Semen Padang," ujar Kepala Kepala PT KAI Divre II Sumbar, Fredi Firmansyah.

Dalam kegiatan ini, ketiga BUMN tersebut membagi-bagikan sebanyak 1.000 paket sembako kepada para santri, anak yatim piatu, dan kaum dhuafa yang hadir. Di samping itu, juga diserahkan santunan berupa uang tunai kepada sejumlah ponpes dan panti asuhan.

Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi TJDL Kementerian BUMN, Sandra Firmania mengatakan, Program BUMN Hadir untuk Negeri merupakan program rutin tahunan yang melibatkan sinergi BUMN-BUMN. Selain Safari Ramadan, tahun ini juga diadakan berbagai kegiatan lainnya, seperti pasar murah, pemberian MCK, bedah rumah, elektrifikasi, dan seterusnya.

"Puncaknya nanti saat HUT RI 17 Agustus. Untuk kegiatan HUT RI, salah satu rangkaiannya adalah kegiatan Siswa Mengenal Nusantara, yang merupakan program pertukaran pelajar antar provinsi se-Indonesia. Tahun ini, siswa-siswa dari Sumbar mendapat jatah pertukaran pelajar ke Kalsel," katanya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Ponpes Kanzul Ulum, Hizbullatan mengaku sangat berterima kasih dengan bantuan yang diterima pihaknya. Pasalnya, hingga saat ini Ponpes Kanzul Ulum belum memiliki donatur tetap.

"Yang paling kami harapkan sekarang adalah bantuan untuk masjid yang pembangunannya sedang terhenti sejak enam bulan yang lalu. Selama ini untuk pembangunan dan operasional ponpes kami hanya mengandalkan uang pimpinan dan bantuan dari masyarakat sekitar," ujarnya.

Ia menyebut, Ponpes Kanzul Ulum tidak pernah memungut biaya. Kecuali untuk santri yang berasal dari luar daerah dan menginap di pesantren, maka pihaknya hanya memungut biaya makan saja. "Jadi pesantren kami gratis. Sama sekali tidak ada biaya pembelajaran," ucapnya. (h/mg-dan)

 

Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/74338/safari-ramadandi-ponpes-kanzul-ulum-bumn-serahkan-1000-paket-sembako


Kategori Berita