Tiga BUMN Bantu Ponpes Khanzul Ulum Padang

Sabtu, 25 Mei 2019 

berbagi berkah— Tiga BUMN melaksanakan program “BUMN Berbagi Berkah Ramadhan”, bersama santri dan santriwati Pondok Pesantren Khanzul Ulum, Koto Tangah, Padang, Kamis (23/5). (Ist)

PADANG, METRO – Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melaksanakan program “BUMN Berbagi Berkah Ramadhan”, bersama santri dan santriwati Pondok Pesantren (ponpes) Khanzul Ulum, Koto Tangah, Padang. Kamis (23/5).

Tiga BUMN tersebut, yakni PT. Kereta Api Indonesia (KAI), PT. Perusahaan Pengelola Aset (Persero), dan PT. Semen Padang. Kepala PT. KAI Divre II, Sumbar, Fredi Firmansyah menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “BUMN Hadir untuk Negeri” di Sumbar.

Khusus di Sumbar, PT KAI, Perusahan Pengelola Aset, dan PT. Semen Padang ditunjuk dalam pelaksanaannya. Kegiatan berbagi bersama santri dan santriwati ini ponpes ini, merupakan salah satu dari 11 program yang dilaksanakan di Sumbar.

“Selain itu, PT KAI juga akan melaksanakan pasar murah yang bertempat di Stasiun KAI Padang,” ucapnya.

Kabid Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, Sandra Firmania menjelaskan, kegiatan ini serentak dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia.

“Selain itu BUMN Berbagi Berkah Ramadhan, juga akan membagikan penyerahan 1000 Al Quran yang puncaknya dilaksanakan pada 24 Mei 2019,” terangnya.

Selain itu, Program Sinergi BUMN juga melaksanakan mudik bareng. Kegiatan ini, pada 26 Mei dimulai di Sumbar. Puncaknya, 30 Mei akan dilaksanakan di Jakarta, memanfaatkan transportasi udara dan darat.

Wakil Pimpinan Ponpes Khanzul Ulum, Hisbul Loton, mengucapkan terimakasih atas bantuan dari tiga BUMN ini.

“Tidak disangka-sangka, kami ditelepon, langsung mendapatkan bantuan. Saya berterima kasih dan bersyukur,” ujarnya.

Hisbul Loton mengatakan, jumlah santri santriwati yang belajar dan bermukim di ponpes ini, sebanyak 176 santri dan santriwati. Sedangkan yang tidak bermukim sebanyak 20 santri santriwati. Santri dan santriwati yang belajar di ponpes ini, tidak hanya berasal dari Sumbar saja, tetapi juga dari Provinsi Riau.

Di ponpes ini, santri dan santriwati diajarkan pendidikan tahfiz Al Quran dan Diniyah.

“Untuk tahfiz Al Quran ini, kita ada empat kelas dan enam kelas putri. Sementara, untuk Diniyah baru satu kelas,” ungkapnya.

Untuk peningkatan fasilitas sarana dan prasarana ponpes ke depan, saat ini dibutuhkan dana, untuk pembangunan mesjid. “Kita sekarang sedang membangun mesjid. Kita sangat membutuhkan dana untuk pembangunannya,” terangnya.

Diakuinya, selama ini biaya operasional ponpes hanya berasal dari keluarga pemilik ponpes, yakni Hj Anisyah dan Ketua Yayasan Ponpes Khanzul Ulum, H Zulkifli. Selain itu, juga berasal dari donatur masyarakat sekitar.

Hisbul Loton menambahkan, di ponpes ini, santri dan santriwati khusus masyarakat sekitar. Kecuali dari daerah lain, hanya dipungut biaya operasional untuk kebutuhan makan. (fan)

Sumber: https://posmetropadang.co.id/tiga-bumn-bantu-ponpes-khanzul-ulum-padang/


Kategori Berita