Berkomitmen Penuh Untuk Kejayaan Perum PPD

     Resmi menjadi direktur PPD pada Maret 2015, “Pande Putu Yasa”Pria kelahiran Bali 10 Agustus 1963 ini berkomitmen penuh untuk membawa Perum PPD kembali Berjaya dengan tantangan dan keberhasilannya melakukan transformasi Perum PPD. Kunci  lain karna keberanian dan keyakinan yang diterapkan oleh pande untuk bertransformasi dan menyehatkan manajemen di seluruh aspek strategis antara lain financial, SDM, dan operasional. Strategi pembenahan yang diterapkan adalah fokus pada membentuk manajemen perusahaan yang sehat dan transparan.

     Tidak mudah bagi sosok Pande Putu Yasa dalam membenahi keterpurukan perusahaan transportasi publik yang telah terkenal sedari dulu di masyarakat.Pola kepemimpinan yang diterapkan oleh Pande Putu Yasa di Perum PPD menurutnya bukanlah hal yang mudah karena sikap kepemimpinan bukan diperoleh dari bakat sejak lahir melainkan sebuah proses yang harus terus dipelajari. Pria kelahiran Bali ini menganut filosofi untuk menjalin hubungan kerja yang baik dengan seluruh karyawan, menurut beliau hubungan yang baik akan menjadi jembatan untuk kesuksesan dan tidak membatasi pergaulan tersebut namun tetap profesional dalam bekerja.

     Pande menegaskan bahwa kejujuran serta kedispilinan yang dilakukan dengan tulus pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan terbukti dengan melihat karir Pande Putu Yasa yang mengawali karir di Perum PPD pada tahun 1984 sebagai petugas cuci bus dan dilantik menjadi Direktur Utama Perum PPD pada tahun 2012, mengawali karir mulai dari posisi yang dipandang sebelah mata dan sekarang menjadi orang nomor 1 di perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi berusia hampir 100 tahun tersebut.

     Pada tahun pertama Pande putu yasa menjabat sebagai Direktur Utama Perum PPD salah satu yang dilakukan oleh Pande adalah melakukan restrukturisasi dan regenerasi organisasi di Perum PPD padahal sebelumnya Perum PPD terkenal dengan usia karyawannya yang sudah hampir bahkan sudah melewati usia produktif kerja, dengan bermodalkan pengalaman lebih dari 25 tahun di Perum PPD Pande langsung melakukan penerimaan karyawan baru dengan usia muda dan produktif yang ditempatkan langsung pada posisi strategis dan saat ini pada tahun 2017 sebanyak 75% karyawan Perum PPD berada pada usia 17 – 25 tahun.

     Kemudian Pande juga melakukan pendekatan kepada pemerintah yang membuahkan hasil Perum PPD mendapatkan armada bantuan dari kementrian sebanyak 1000 unit yang diberikan secara berkala, Pande menceritakan bahwa mendapatkan bantuan dari kementrian juga tidak mudah karena Perum PPD pada saat itu sedang berada di kondisi dimana kas keuangan perusahaan berada di kondisi yang memprihatinkan.

     Namun dengan menggunakan ide dan bermodalkan kepercayaan serta keberanian Perum PPD yang dinahkodai oleh Pande berhasil melewati jurang dan bisa tersenyum lebar dengan mencatatkan tinta emas pada sejarah dengan mencetak laba untuk pertama kalinya dalam sejarah pada tahun 2012 semenjak Perum PPD berdiri dari 1920 dan menghasilkan trend positif pada tahun tahun berikutnya.


Kategori Artikel