NAIK BUS TRANSJABODETABEK PREMIUM BERSAMA MENTERI PERHUBUNGAN

Bekasi, 19 September 2017 Sebagai dukungan terhadap pelaksanaan Uji Coba Pengoperasian Bus Transjabodetabek Premium yang digagas oleh BPTJ dan Perum PPD, Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi dan jajarannya pada hari Selasa mencoba langsung layanan bus tersebut. Dengan didampingi oleh Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Direktur Perum PPD Tatan Rustandi dan pejabat Kota Bekasi, Menhub meninjau dan melakukan inspeksi terhadap armada bus tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan uji coba lintas menaiki bus Transjabodetabek Premium dari Mega City Mall Bekasi menuju Plaza Senayan dengan pengawalan voorijder di Jalur Khusus Angkutan Umum.

Transjabodetabek Premium sendiri adalah segmen layanan terbaru dari Perum PPD yang merupakan lanjutan program yang digagas oleh BPTJ, merupakan angkutan umum dengan menggunakan bus dengan fasilitas premium seperti: full AC, reclyning seat, free wifi, sarana charge handphone dan seatbelt, serta nantinya menggunakan Jalur Khusus Angkutan Umum (JKAU) di jalan tol. Dengan tarif Rp. 20.000,- terdapat ekstra benefit berupa tariff parkir flat Rp. 10.000,- di Mega City Bekasi dengan menunjukan tiket TransJabs Premium, pengoperasian Transjabodetabek Premium ini menargetkan segmen penumpang warga komuter yang memprioritaskan waktu tempuh dan layanan maksimal.

Rencananya,  implementasi dari Transjabodetabek Premium yang merupakan bagian dari JKAU ini akan segera dilakukan setelah Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan tentang JKAU ditetapkan oleh Menteri Perhubungan, Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengungkapkan “Dimana posisi saat ini draft PerMen tersebut masih dalam proses di Biro Hukum Kemenhub dan kedepan, tidak hanya rute TransJabs Mega City Bekasi ke Plaza Senayan saja  yang ada, namun juga dari akses tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur ke Bunderan HI dan kepusat-pusat kegiatan lainnya di Jakarta”.

Tatan Rustandi selaku Direktur Perum PPD menjelaskan bahwa tujuan pengoperasian layanan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Perum PPD dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta khususnya, dan berharap pengoperasian layanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum selain juga sebagai alternative solusi sehingga masyarakat dapat menjadikan budaya naik angkutan umum sebagai gaya hidup.

Uji coba TransJabs ini dimulai sejak tanggal 7 September sampai dengan 20 September 2017 dengan rute Mega City Bekasi - Plaza Senayan, dengan jadwal keberangkatan pada peakhour pagi dari Mega City Bekasi - Plaza Senayan pukul 05.45, 06.05 dan 06.25 WIB dan pada sore hari dari Plaza Senayan - Mega City Bekasi pukul 16.45, 17.15, 17.45 WIB.  Untuk yang ingin melanjutkan perjalanan setelah sampai di tujuan akhir TransJabs, tidak perlu khawatir, disediakan feeder bus dari Sumarecon Bekasi dengan Trans Patriot dan feeder dari Senayan ke Blok M dengan feeder TransJakarta. Jadi kalau tidak mau kena macet, Ayo Naik Bus.

 

 


Kategori Berita