N219 Produksi PT DI Tembus Pasar Internasional

VIVA – PT Dirgantara Indonesia mengungkapkan, pasar produk pesawat yang dibuatnya saat ini sudah mulai menembus pasar internasional. Pesanan dari beberapa negara sudah mulai diterima perusahaan.

"(Pesanan) dari luar negeri ada Meksiko, Kolombia, sudah ada permintaan," ujar Direktur Utama PT DI, Elfien Goentoro di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu 6 Juni 2018.

Dia mengatakan, produksi perusahaan yang mulai diminati di pasar internasional adalah N219 atau dikenal Nurtanio. Produksi untuk memenuhi pesanan internasional pun telah dilakukan.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa delivery (kirim) 4 atau 6, baik domestik dan UEA (Uni Emirat Arab). Itu ada," ujarnya.

Meski demikian, menurutnya, saat ini pasar domestik masih mendominasi penjualan pesawat PT DI. Khususnya pesanan dari TNI.

"Paling banyak dari Angkatan Udara tentunya, juga Angkatan Laut. Tapi untuk helikopter paling banyak Angkatan Darat," katanya.

Menurut Elfien, kebanyakan pesanan burung besi dari TNI itu menggunakan kontrak tahun jamak atau multiyears. Saat ini, kata dia, perseroan telah terikat kontrak antara lain sembilan pesawat jenis NC-212, dan tujuh unit Helikopter Cougar.

"Paling banyak memang domestik. Tapi di luar sudah lumayan banyak," kata dia.

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1043373-n219-produksi-pt-di-tembus-pasar-internasional


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel