RI Gandeng Uni Eropa Beri Sertifikasi Pesawat N219

Liputan6.com, Jakarta PT Dirgantara Indonesia bersama Kementerian Perhubungan tengah menjajaki kerja sama dengan Uni Eropa terkait pemberian sertifikasi pesawat jenis N219.

Hingga saat ini pesawat yang dinamai Nurtanio oleh Presiden Jokowi tersebut baru mengantongi sertifikat yang dikeluarkan Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara atau Directorate General of Civil Aviation (DGCA), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Dengan kerja sama tersebut, Elfien mengharapkan pesawat N291 dapat mengantongi sertifikat tipe dari European Aviation Safety Agency atau EASA.

"Nah, ke depannya tentunya karena Indonesia-Uni Eropa dengan DGCA dan Kemenhub sedang melakukan bilateral agreement untu EASA, kalau ada kesepakatan itu ke depan 219 bisa dapat sertifikat EASA juga," ujar Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Elfien Goentoro ditemui di Kemenko Maritim, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Selain itu pihaknya akan terus menjalin kerja sama dengan Uni Eropa, khususnya dengan produsen pesawat dan helikopter Airbus. Selama ini PT Dirgantara Indonesia sudah terlibat dalam rantai pasok proses produksi pesawat terbang dan helicopter Airbus.

"Oh kan dengan Airbus sudah punya kerjasama waktu di Singapura Air Show itu. Jadi kita sudah produksi deliver ke Indonesia semua melalui PT DI baik sisi produk maupun maintenance, jadi itu sudah kerjasama," dia menandaskan.


Wilfridus Setu Embu

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3551751/ri-gandeng-uni-eropa-beri-sertifikasi-pesawat-n219


Kategori Berita
Sub Kategori Artikel